Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata Polemik Coban Sewu, Juara Anugerah Wisata Jatim 2018 (4)

Kabupaten Malang Klaim Air Terjun Tumpak Sewu, Ini Tanggapan Wabup Lumajang

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : Heryanto

25 - Oct - 2018, 17:55

Inilah air terjun Tumpak Sewu Pronojiwo Lumajang (Foto : Doc Tien/warga / Jatim TIMES)
Inilah air terjun Tumpak Sewu Pronojiwo Lumajang (Foto : Doc Tien/warga / Jatim TIMES)

Terkait protes Dinas Pariwisata Kabupaten Malang yang mengklaim Air Terjun Tumpak Sewu sebagaimana dimuat MalangTimes.com, Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati akhirnya angkat bicara. Dengan tegas Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati menyatakan bahwa sudah benar kawasan wisata yang eksotik itu berada di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Namanya juga air terjun mas, yang harus dilihat itu air turunnya atau terjunnya ke wilayah Lumajang. Jadi ya masuk Lumajang, walaupun airnya berasal dari wilayah Malang," kata Ir. Indah Amperawati kepada LumajangTimes, sore ini, Kamis (25/10), via sambungan teleponnya.

Baca Juga : Catat Jadwalnya, Sambut Perayaan Nyepi Wisata Gunung Bromo Ditutup Total

Dijelaskan, yang terpenting dalam wisata air terjun adalah titik pandangnya atau view-nya. View Air Terjun Tumpak Sewu sangat bagus kalau dari Lumajang, maka wisatawanpun akan memilih untuk masuk ke kawasan Air Terjun Tumpak Sewu melalui Lumajang.

"Wisata itu jualannya kan View-nya. Jadi kalau memang lebih bagus dari Lumajang, mau diklaim siapapun, tetap saja orang akan datang melalui Lumajang. Terlebih ini memang masuk wilayah Lumajang. Semua tahu itu," kata Ir. Indah Amperawati kemudian.

Saling klaim atas wisata Tumpak Sewu ini memanas setelah Lumajang dalam pekan ini berhasil meraih juara dalam Lomba Anugerah Wisata Jawa Timur (AJWT), dimana Lumajang menampilkan air terjun Tumpak Sewu sebagai andalannya.

"Kami tentunya kaget dengan hal tersebut. Setelah tahun lalu juga Pemkab Lumajang mengajukan Coban Sewu yang disebut Tumpak Sewu di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Karena itu, kami komplain secara lisan kepada Disbudpar Jatim saat acara AWJT,” kata Made Arya melalui Sekretaris Disparbud Kabupaten Malang M. Rofiq, Kamis (25/10/2018) kepada MalangTIMES.

Baca Juga : Potensi Wisata Kabupaten Malang Kini Masuk Komik Destinasi Wisata Indonesia

Atas pernyataan dari Disbudpar Kabupaten Malang ini, Wabup Lumajang menyatakan siap untuk tetap mempertahankan Wisata Air Terjun Tumpak Sewu sebagai wisata andalan Lumajang. Masih kata Wabup, selama ini banyak wisatawan domestik dan manca negara yang sudah datang ke Air Terjun Tumpak Sewu, yang semuanya masuk melalui Kabupaten Lumajang.

"Faktanya begitu mas, mau bicara apalagi. Kemudian secara nyata air terjun itu jatuhnya air memang ke Kabupaten Lumajang. Ini sebenarnya yang menjadi kata kuncinya," kata mantan Kepala Bappeda Lumajang ini. 


Topik

Wisata berita-lumajang Air-Terjun-Tumpak-Sewu Kabupaten-Malang Wakil-Bupati-Lumajang-Ir-Indah-Amperawati


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

Heryanto