KPU Kota Batu Siapkan Layanan Cek DPT kepada Wisatawan

MALANGTIMES - Untuk memastikan diri masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan terdaftar di Tempat Pemungutan Suara (TPS) setempat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu membuka beberapa posko di Kota Pariwisata ini.

Posko itu tersebar di tempat wisata, kantor pemerintahan, sekolah, pasar tradisional dan modern, rumah sakit, dan sebagainya.

Beberapa posko itu tersebar namun hanya berlangsung selama beberapa jam saja.

Seperti di Alun-Alun Kota Batu, SLB Eka Mandiri, SLB Negeri Kota Batu, Jawa Timur Park 3, SMKN 2 Kota Batu, SMKN 3 Kota Batu, SMAN 1 Kota Batu, SMAN 2 Kota Batu, SMA Immanuel, YPII, Lippo Plaza, Kantor PMI, Rumah Sakit Karsa Husada, dan sebagainya.

Selama satu bulan itu KPU Kota Batu menyelenggarakan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang akan berkeliling ke tempat tersebut. 

Seperti halnya pada Sabtu (20/10/2018) KPU Kota Bau melakukan sosialisasi dan membuka posko di sana. 

Untuk mengecek apakah sudah masuk DPT atau belum, masyarakat hanya perlu menunjukkan KTP yang kemudian petugas akan mengeceknya. 

Jika sudah menjadi DPT, secara otomatis akan terdaftar menjadi pemilih di TPS. Akan tetapi ada juga beberapa warga yang memiliki KTP namun namanya tidak terdeteksi dalam DPT.

Saat itu juga di posko tersebut akan diberi form tanggapan masyarakat terhadap DPT tahap pertama.

Setelah mengisi formulir itu, nantinya dari KPU Batu akan memberitahukan kepada KPU setempat daerah asal warga yang namanya tidak ada. 

Ketua KPU Batu, Saifudin Zuhri mengatakan, adanya GMHP ini membantu wisatawan dan warga untuk mengecek statusnya dalam namanya ada atau tidak di dalam DPT atau TPS.

“Kegiatan ini merupakan usulan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) terkait adanya pemilih, ganda” kata Saifudin. 

Ia menambahkan juga kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 24 desa dan Kelurahan juga mensosialisasikan hal ini. Untuk menekan data pemilih ganda. 

“Juga menghindari adanya kesalahan. Meskipun sudah menjadi DPT masih saja di TPS tidak terditeksi,” imbuhnya. Saat ini jumlah DPT Kota Batu ada 151.438 orang.

Top