Tanggal Sakti, Cerita Soal Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Indonesia Hingga Pelantikan Tiga Pimpinan Tertinggi NKRI

Oct 20, 2018 10:19
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

MALANGTIMES - Tanggal 20 Oktober bisa disebut tanggal sakti. Pasalnya, berbagai kejadian besar pernah berlangsung di hari ke 293 dalam kalender Georgian itu. Termasuk di Indonesia, mulai sejak sebelum kemerdekaan hingga beberapa tahun terakhir. 

MalangTIMES merangkum beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada 20 Oktober dan tercatat dalam situs Wikipedia. Salah satunya terkait dengan junjungan kaum muslim, yakni peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Pada 20 Oktober 1968, peringatan penting bagi pemeluk agama Islam itu menjadi hari libur nasional untuk yang pertama kalinya. 

Baca Juga : Trending Twitter! Buku Karya Tere Liye Jadi Barang Bukti Aksi Vandalisme Anarko

Dalam kalender Hijriyah, pada saat itu bertepatan dengan tanggal 27 Rajab 1388 H. Penetapan tersebut dilakukan Presiden Soeharto dalam masa pemerintahan Kabinet Pembangunan I dengan Menteri Agama RI KH Moh Dahlan. Pemuka dari kalangan Nahdlatul Ulama tersebut merupakan menteri agama ke 11 menggantikan pendahulunya yakni KH Saifuddin Zuhri. 

Selain itu, peristiwa bersejarah lain yang terjadi pada 20 Oktober adalah berkaitan dengan pelantikan pimpinan tertinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pasalnya pada tanggal ini, tercatat ada tiga presiden yang diambil sumpahnya untuk memimpin Indonesia.

Pertama, yakni pelantikan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai Presiden ke-4 RI pada 1999 silam. Dengan didampingi oleh Megawati Soekarnoputri, Gus Dur melanjutkan kepemimpinan sebelumnya yang diampu oleh BJ Habibie. Salah satu jejak yang bertahan hingga saat ini yaitu penetapan Tahun Baru Imlek sebagai hari libur nasional.

Kedua, pada 2004, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dilantik sebagai Presiden ke-6 RI periode 2004-2009 dengan Muhammad Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Pada periode kedua kepemimpinan SBY, bergandengan dengan Boediono sebagai wakil, dia juga dilantik pada 20 Oktober 2009. 

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Ketiga, yakni pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden ke-7 RI periode 2014-2019 dengan Muhammad Jusuf Kalla sebagai wakilnya. Pelantikan tersebut dilangsungkan di gedung MPR/DPR di Jakarta. 

Selain itu, masih ada sejumlah peristiwa bersejarah lain yang berlangsung tanggal 20 Oktober. Misalnya Sultan Kesultanan Banjar, Tamjidullah I di Kalimantan yang membuat perjanjian dengan perusahaan VOC dari Belanda pada 20 Oktober 1756. Juga kekalahan armada Turki dan Mesir oleh armada gabungan Britania Raya, Perancis dan Rusia dalam peristiwa Pertempuran Navarino di Yunani pada 20 Oktober 1827. 

Topik
Berita MalangTanggal SaktiIsra Miraj Nabi Muhammad SAWSusilo Bambang Yudhoyono SBYNKRIPresiden SoehartoKH Abdurrahman WahidGus Durbj habibieJoko Widodo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru