MALANGTIMES - Totalnya ada 3.208 pelamar yang mendaftarkan dalam Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Batu tahun 2018. Dengan demikian pelamar sebanyak itu harus berebut 236 kursi pegawai yang dibutuhkan Pemkot Batu.

Dari jumlah pendaftar itu didominasi para pendaftar untuk formasi guru yakni ada 2.541 pelamar. Formasi bidang kesehatan ada 284 pelamar, dan formasi teknis 383 pelamar. 

Jumlah pelamar itu didominasi pelamar dari luar Kota Batu seperti Malang, Kediri, Pasuruan, Surabaya, Jakarta, dan sebagainya. Hanya saja dari jumlah tersebut sedang diverifikasi tim panitia penerimaan (CPNS) Kota Batu. 

Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu Zulkarnain mengatakan, tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh tim panitia CPNS 2018 saat ini adalah melakukan verifikasi berkas lamaran.

Verifikasi itu dilakukan untuk mencocokkan data yang dikirim melalui online. “Penting sekali verifikasi dilakukan untuk melihat data-data yang kurang tepat,” kata Zulkarnain, Kamis (18/10/2018)

Seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Pasuruan, Kediri. "Ya ada yang dari luar Kota Batu. Untuk angkanya kami tidak hafal dari daerah mana saja. Karena kan seleksi ini nasional, dari daerah mana saja. Jakarta juga ada banyak," ungkapnya, Kamis (18/10/2018). 

Oleh karena itu verifikasi berkas lamaran mutlak harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mencocokkan dengan data yang dikirim melalui online. Apabila ada data yang kurang tepat, bisa dicocokkan dengan berkas yang dikirim. 



Ia mencontohkan mencocokan verifikasi itu saat  ada berkas data dari online tidak terbaca atau buram, maka dapat dicocokkan kembali dari berkas asli. Memang saat mengunggah secara online terdapat ketentuan maksimal size yang diunggah. 

“Pertimbangannya adalah ketika berkas sudah lengkap hanya saja online tidak terbaca kan sangat penting ini,” imbuhnya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan pelamar melakukan ujian yang bakal dilakukan di Kota Malang. Sebab untuk ujian CPNS ini Kota Batu bergabung dengan Kota Malang dan sebagian daerah lainnya. 

Jadwal selanjutnya untuk pengumuman hasil seleksi administrasi semulai 18 Oktober 2018 direvisi menjadi 21 Oktober 2018. Lalu cetak nomor ujian secara online pada 20-22 Oktober 2018 direvisi menjadi 21-25 Oktober 2018. Dan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimulai 23 Oktober 2018.

Menurutnya jika nantinya diakhir pengumuman ada nilai yang sama, yang terpilih adalah usia tertua sesuai dengan tanggal lahir. 

Sedang, Pemkot Batu pada CPNS tahun 2018 ini membuka lowongan untuk 236 pegawai. Rinciannya formasi khusus eks tenaga honorer kategori 2 (TH-K2) ada 7 orang.

Lalu, untuk formasi umum seperti tenaga guru, dibutuhkan 181 orang.  Lainnya, untuk tenaga kesehatan, dibutuhkan sejumlah 36 orang dan tenaga teknis 12 orang.