Wali Kota Malang Drs Sutiaji saat mengajak gelandangan berdialog (Hendra Saputra)
Wali Kota Malang Drs Sutiaji saat mengajak gelandangan berdialog (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang ingin menjadkan Kota Malang bersih dari gelandangan dan pengemis (gepeng). Sutiaji memimpin langsung razia gepeng didampingi tim dari Dinas Sosial (Dinsos) beserta Satpol PP Selasa (16/10/2018) malam. Hasilnya, terjaring puluhan gelandangan dan pengemis di kawasan Jalan Sutan Syahrir. 

Baca Juga : Pemain Arema Tak Lagi Kirim Video Latihan, Ternyata Ini Sebabnya

Dalam razia tersebut Sutiaji tak lantas membawa puluhan gelandangan tersebut, namun ia mengajak berdialog karena tidur di depan ruko. 

"Saya beri tahu semua, jangan lagi tidur di pinggir jalan atau di depan ruko seperti ini, karena banyak laporan yang masuk. Nanti jika ada razia tidak mau kan langsung diciduk," kata Sutiaji sembari duduk di tengah para gelandangan. 

Sutiaji mengaku memang sengaja melakukan pendekatan kepada para gelandangan, karena ia menilai memang pendidikan mereka rata-rata masih rendah. "Saya lewat pendekatan dan perhatian dulu, diingatkan biar besok tidak disini lagi," ucapnya. 

"Ingat ya, besok jangan disini lagi lho, kalau ketemu lagi masih di sini saya tidak tanggung jawab kalau ada yang angkut," sambungnya kepada gelandangan. 

Baca Juga : Masih Cari Pengganti Ratu Tisha, Waketum PSSI: Tugas dan Tanggung Jawab Sekjen Itu Berat

Terakhir Sutiaji mengatakan bahwa untuk saat ini memang gelandangan tersebut diingatkan terlebih dahulu. "Harapannya memang mereka mau berubah dengan sendiri. Namun jika malam besok tetap disini, ya terpaksa kami akan tertibkan sesuai SOP, " pungkasnya.