Website OPD Banyak yang Tak Update, Ini Jawaban Diskominfo Kota Malang

Website DP3AP2KB yang terkena hack (repro web DP3AP2KB)
Website DP3AP2KB yang terkena hack (repro web DP3AP2KB)

MALANGTIMES - Sistem infromasi pada era teknologi seperti sekarang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah.

Terbukti, seperti beberapa Dinas di Kota Malang nampaknya belum rajin memperbarui informasi pada website yang dimiliki masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bahkan, website resmi pemerintah itu terakhir update informasi pada tahun 2016, 2017.

Seperti website Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindu gan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) yang justru terkena hack.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) maupun Kecamatan Sukun, termasuk website kelurahan-kelurahan yang secara keseluruhan tak pernah meng-update informasi apapun yang dibutuhkan masyarakat.

Adapun yang update pada tahun 2018, hanya beberapa seperti Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan beberapa lainnya yang masih terdapat update 2018, kendati tak sering atau intens setiap hari.

Kepala Diskominfo Kota Malang, Zulkifli Amrizal membenarkan hal tersebut. Bahkan dia juga mengakui jika hanya website pemerintah saja yang aktif.

Dari tahun ke tahun, pihaknya sudah sering melakukan imbauan atau upaya agar setiap OPD meng-update website meraka.

"Sudah dua tahun ini kira-kira nggak ada I-Kit. Rencananya 2019 ini akan kembali diadakan untuk memacu atau memotivasi masing-masing OPD agar membenahi websitenya," jelas Zoel sapaan akrab Kadis Kominfo itu.

Lanjutnya, wali kota juga sudah memerintahkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) memiliki media sosial, baik itu, Facebook, Twitter, Instagram yang minimal harus dipunyai.

Terlebih lagi jika mempunyai channel Youtube, maka akan lebih bagus.

"Bulan depan Insyaallah kita akan bimbingan teknis (bimtek) dengan teman-teman OPD terkait media sosial bagaimana seharusnya. Karena ini permintaan Pak Wali, kan harus up to date, harus ada pengaduan juga, kita nggak boleh alergilah. Selama ini mungkin belum fokua pada tugas ini, jadi wajar kalau terlupakanm Kekurangan tenaga mungkin jari salah satu faktornya" pungkasnya.

 

 

Editor : Heryanto
Publisher : Aditya Fachril Admin

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top