Kemenristekdikti Beri Mandat UMM untuk Membuka Program PPG

Mahasiswa UMM saat mengajar anak SD (foto: Humas)
Mahasiswa UMM saat mengajar anak SD (foto: Humas)

MALANGTIMES - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memberikan mandat kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Mandat tersebut diberikan melalui Surat Keputusan nomor 710/ KPT/ I/ 2018.

Keuntungan mengikuti PPG sendiri yakni dapat meningkatkan skill dan kemampuan guru. Selain itu, guru yang telah menyelesaikan PPG akan bergelar Gr atau guru profesional. Selain itu, guru akan mendapat sertifikat pendidik dan tunjangan sertifikasi. Peluang lapangan kerja juga akan semakin banyak. 

Ketua PPG FIKP UMM Tri Sakti Handayani menerangkan, sebelumnya Kemenristekdikti hanya memberikan tugas pada UMM untuk melaksanakan program PPG di tahun 2017.

"Sebenarnya dikabulkannya permohonan UMM untuk membuka prodi PPG ini sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan PPG di UMM. Saat itu kita masih sebatas mendapatkan mandat untuk penugasan saja," terang Tri Sakti.

Sebelumnya, UMM hanya memiliki program pendidikan keprofesian yakni Pendidikan Profesi Apoteker, Fisioterapi, Ners dan Insinyur.

Nantinya, PPG UMM berhak membuka enam bidang studi. Enam bidang tersebut adalah Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Matematika. Untuk diketahui, penentuan bidang studi tersebut ditentukan berdasarkan pada capaian akreditasi program studi yang dimiliki FKIP UMM.

"Seluruh bidang studi yang ada di PPG UMM ini berdasarkan program studi yang dimiliki oleh FKIP UMM," imbuh Tri Sakti.

Editor : A Yahya
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top