Arema FC Kena Sanksi, Berikut Terobosan Polres Malang

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Kabupaten Malang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sanksi yang dijatuhkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), terhadap Arema FC menuai banyak tanggapan dari para pendukung tim berjuluk singo edan ini. Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Arema bakal terancam menerima konsekuensi dari komisi disiplin PSSI. Selain larangan dukungan dari penonton ke stadion hingga akhir musim juga ada denda sebesar Rp 100 juta bagi tim yang ditukangi oleh Milan Petrovic tersebut. Bahkan, dua suporter Arema, yakni Yuli Sumpil dan Fandy bakal dilarang masuk stadion di Indonesia selama seumur hidup.

Menanggapi hal ini, Kabag Humas Polres Malang Ipda Eka Yuliandri Aska menuturkan, bakal melakukan pembahasan di intern kepolisian Polres Malang. Terkait terobosan nonton bareng di setiap polsek yang ada di wilayah hukum Polres Malang, yang sebelumnya hanya diagendakan pada laga akbar Arema kontra Persebaya dan Persib. Tersiar kabar bakal digelar rutin di laga setiap Arema main di kandang sendiri. “Kami belum bisa memastikan, tapi ini sedang dibahas terkait gagasan tersebut,” terang Aska kepada MalangTIMES Jumat (12/10/2018).

Ketika ditanyakan terkait penjagaan stadion kanjuruhan, yang terancam tanpa suporter. Aska mengaku tidak akan ada perubahan yang signifikan. Pihaknya bakal tetap melakukan pengawalan dan penjagaan seperti sebelum dijatuhkan sanksi. “Kami akan tetap mengerahkan personel ke Stadion Kanjuruhan, untuk jumlah anggota yang diterjunkan bakal sama sebelum adanya sanksi. Ini masih kita koordinasikan dengan atasan,” jawab Aska.

Sementara itu, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung menjelaskan, jika menelisik laga Arema ketika berhadapan dengan tim selain Persebaya dan Persib. Pihaknya menerjunkan ratusan personel ke stadion Kanjuruhan. “Pada laga Arema FC kontra Madura United pada 17 september lalu misalnya, sedikitnya ada 750 personel yang diterjunkan,” terang Ujung ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Lantas bagaimana jika Arema menjamu Persebaya dan Persib?. Ujung mengaku menerjunkan personel lebih banyak pada laga-laga tersebut. Dia mencontohkan ketika Arema menjamu Persebaya beberapa waktu lalu. Sedikitnya ada sekitar 2.000 personel yang diterjunkan. Dimana 1.700 anggota melakukan penjagaan di sekitaran stadion, sedangkan sekitar 400 petugas lantas dikerahkan untuk mengamankan kondisi jalan, yang biasanya macet ketika laga akbar semacam itu. “Kemungkinan hal ini akan tetap kami lakukan kedepannya, sebab sudah tugas kami untuk menciptakan situasi yang kondusif selama laga Arema berlangsung,” pungkasnya.

Editor : A Yahya
Publisher : Raafi Prapandha
Sumber : Malang TIMES (JatimTimesNetwork)

Redaksi: redaksi[at]malangtimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]malangtimes.com | marketing[at]malangtimes.com
Top