Setelah Ramah Anak, Kota Malang Siapkan Taman Ramah Lansia

Taman Singha, salah satu taman di Kota Malang dengan fasilitas lengkap (Istimewa)
Taman Singha, salah satu taman di Kota Malang dengan fasilitas lengkap (Istimewa)

MALANGTIMES - Setelah menciptakan taman ramah anak, ke depan Kota Malang bersiap membangun taman ramah lansia. Hal itu disampaikan Wali Kota Malang, Sutiaji belum lama ini saat menjawab komentar DPRD Kota Malang yang menyebut jika taman-taman di kota pendidikan ini maaih belun ramah lansia.

Sampai saat ini, rencana tersebut masih sebatas rencana dan akan segera dilakukan pembahasan bersama dengan anggota legislatif. Targetnya, pada anggaran 2019 keinginan menciptakan taman yang aman dan nyaman bagi lansia dan semua kalangan bisa direalisasikan. 

"Taman memang menjadi bagian dari ruang hijau terbuka, maka ke depan akan lebih diseriusi lagi tentang taman yang ramah lansia," jelasnya belum lama ini.

Konsep taman ramah lingkungan itu sendiri pada dasarnya tak jauh berbeda dengan taman ramah anak yang sudah ada selama ini. Karena hal utama yang harus diperhatikan adalah pemberian ruang terbuka publik yang dapat diakses bahkan oleh orang lanjut usia.

Sehingga, penempatan fasilitas olahraga ringan, paving jalan di taman yang halus dan rapi, adanya fasilitas dasar seperti jogging track atau areal refleksi semestinya ada pada taman yang ramah lansia. Di beberapa daerah, taman lansia memiliki banyak papan-papan petunjuk dengan tulisan yang mudah dipahami.

“Kedepan akan diatur RTH untuk ramah lansia ini,” tegas Sutiaji.

Meski begitu Sutiaji sendiri belum memaparkan taman mana yang akan dikembangkan menjadi taman ramah lansia. Pria berkacamata itu juga belum memastikan apakah pemerintah akan membangun taman baru dengan konsep ramah lansia tersebut.

Dia menegaskan akan mengembangkan konsep tersebut sesegera mungkin dengan melihat Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kota Malang. “Memang Kota malang juga dikatakan kota bagi pensiunan. Jadi akan direncanakan betul kedepan,” tutupnya. 

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top