Rutin Belajar Sains dan Agama, Siswa Kelas 6 ini Berhasil Meraih Medali Perak di Ajang KSM Tingkat Nasional 2018

Peraih medali perak di ajang KSM Ahmad Ayman Alghifary (urutan ketiga dari kanan)
Peraih medali perak di ajang KSM Ahmad Ayman Alghifary (urutan ketiga dari kanan)

MALANGTIMES - 29 September 2018 lalu, siswa kelas 6 MIN 1 Kota Malang Ahmad Ayman Alghifary meraih medali perak di Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018. Kompetisi tersebut dihelat 23-29 September 2018 lalu di Bengkulu. Di sana, Fary mengerjakan soal teori dan praktik bidang biologi dan fisika. Fary mengaku dirinya memang menyukai pelajaran biologi.
“Saya memang dari dulu suka biologi,” ungkapnya saat ditemui di MIN 1 Kota Malang.
Pada bidang biologi di kompetisi tersebut, Fary mempraktikkan fotosintesis, klasifikasi makhluk, hingga rantai makanan. Sedangkan pada bidang fisika Fary menghitung masa jenis dan tekanan udara.
Untuk diketahui, KSM ini berbeda dengan olimpiade pada umumnya. Perbedaannya, siswa diharuskan memiliki kompetensi mengintegrasikan sains dengan agama (Quran dan Hadis). Misalnya, contoh soal tentang air maka dalam butir soal tersebut dikaitkan dengan ayat Quran tentang air.
Tentu saja kemenangan itu tidak didapat secara instan. Pembinaan dilakukan secara intensif sejak seleksi KSM tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Pembinaan tersebut dilakukan sejak dia duduk di kelas empat dengan gurunya Dra. Didin Tri Harjani, M.Pd.
“Sepulang sekolah saya tidak pulang. Jam dua sampai jam 4 dibimbing oleh Bu Didin,” terangnya.
Tidak hanya itu saja, selepas magrib, mulai pukul 6 hingga 8 malam dia juga masih belajar dengan les di rumah.

Anak dari pasangan Halid Hasan dan Setiawati Andri tersebut mengaku sangat senang dengan kemenangan tersebut karena baru pertama kali merasakan menang kompetisi. Meski begitu, dia tetap tidak akan berhenti belajar. Ke depannya, Farry ingin mengikuti kompetisi lainnya, baik nasional maupun internasional.

Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher :

Redaksi: redaksijatimtimes[at]gmail.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : redaksijatimtimes[at]gmail.com | redaksijatimtimes[at]gmail.com
Top