Sebentar Lagi, Akan Terpantau di Mana pun Anda Berada di Kota Malang

Oct 05, 2018 07:26
Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zoelkifli Amrizal (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zoelkifli Amrizal (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tahap lelang 101 kamera closed circuit television (CCTV) oleh Pemerintah Kota Malang sudah hampir rampung. Ditargetkan, minggu ini proses lelang sudah selesai dan pengerjaan dapat dilaksanakan awal November nanti.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Revitalisasi Pasar Bunulrejo Dibatalkan

Jika ratusan CCTV itu terpasang nanti, seluruh penjuru Kota Malang bakal terpantau di sentral. Ibaratnya, Anda akan terpantau di mana pun berada selagi dalam jangkauan kamera CCTV tersebut. Selain itu, bisa diambil langkah-langkah penanganan jika terjadi masalah di titik-titik yang terpantau CCTV.

Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Zoelkifli Amrizal menyampaikan, pemasangan CCTV yang nantinya akan terintegrasi dengan Ngalam Command Center itu memang sempat tertunda satu tahun. Proses lelang juga membutuhkan waktu yang tak sedikit karena penghitungan yang harus tepat. "Karena ini pekerjaan fisik, maka administrasi harus dihitung dengan detail," kata pria berkacamata itu.

Pemasangan 101 CCTV di beberapa wilayah strategis dan jalur utama itu bukan yang terakhir. Pemkot masih akan menambah CCTV di titik lainnya. Apalagi proses pembangunan di Kota Malang juga masih terus berlangsung hingga sekarang. Salah satunya pembangunan jalan tol Malang-Pandaan (Mapan).

"Nanti akan ditambah lagi CCTV, terutama untuk daerah di sekitaran tol Mapan. Paling tidak di pintu masuk dan keluar," imbuh Zoel, pangggilan akrab kadis kominfo.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Dia juga menyampaikan jika pemasangan CCTV terus dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. Sebab, ada beberapa wilayah yang menjadi prioritas seperti jalan yang rawan macet dan kecelakaan. Sehingga, dengan pemasangan CCTV itu, diharapkan angka kriminal ataupun kecelakaan semakin berkurang. "Untuk pengadaan 101 CCTV kali ini, secara keseluruhan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 4,1 miliar," ungkap Zoel. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Kominfo Kota MalangZoelkifli Amrizal101 kamera cctvPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru