Kids Zaman Now Jadi Sasaran Empat Misi N1 dan N2 Kota Malang

Oct 04, 2018 10:42
Suasana rapat paripurna penyampaian visi misi Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana rapat paripurna penyampaian visi misi Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji alias N1 dengan didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko alias N2 memaparkan visi dan misi pemerintahan yang bakal mereka pimpin selama lima tahun mendatang. Dari empat misi yang disusun, salah satunya menyasar kids zaman now alias anak-anak muda generasi produktif Kota Malang.

Paparan itu dibacakan oleh Sutiaji dalam rapat paripurna DPRD Kota Malang dalam agenda Pidato Penyampaian Visi dan Misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang Masa Jabatan Tahun 2018-2023, hari ini (4/10/2018) di gedung dewan. Rapat tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, jajaran pemerintahan kota, legislatif, forkopimda, serta perwakilan partai politik.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Sutiaji menyampaikan, ada empat misi yang menjadi pedoman gerak selama lima tahun kepemimpinannya. Yakni pertama, menjamin akses dan kualitas pendidikan, kesehatan dan layanan dasar lainnya bagi semua warga. Kedua, mewujudkan kota produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif, keberlanjutan dan keterpaduan. Ketiga, mewujudkan kota yang rukun dan toleran berazaskan keberagaman dan keberpihakan terhadap masyarakat rentan dan gender. 

Keempat, memastikan kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah yang tertib hukum, profesional dan akuntabel. "Dan apabila disarikan maka ke empat misi tersebut, sesungguhnya diarahkan untuk menggapai, mencapai serta mewujudkan misi pada bidang layanan publik dasar, pendidikan dan kesehatan, produktivitas dan daya saing, kesejahteraan dan perlindungan sosial, infrastruktur dan daya dukung terpadu, reformasi birokrasi serta misi di bidang kerukungan dan keragaman budaya," ujar Sutiaji.

Selain itu, lanjut Sutiaji, bidang layanan publik dasar serta bidang pendidikan dan kesehatan di arahkan untuk menggapai sumber daya manusia kota yang berkualitas dan bermartabat. "Bidang produktivitas dan daya saing serta bidang infrastruktur dan daya dukung terpadu, diarahkan untuk menggapai ekonomi kota yang berdaya saing dan bermartabat. Bidang kesejahteraan dan perlindungan sosial serta bidang kerukunan dan keragaman budaya, diarahkan untuk mewujudkan keadilan sosial yang bermartabat," tuturnya.

Menyasar misi di bidang sumber daya manusia (SDM), Sutiaji-Sofyan Edi menilai sangatlah penting. Karena, di tangan SDM yang berkualitas kemajuan suatu daerah akan dapat terwujud. "Terlebih bila memperhatikan hasil dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2017, bahwa dari jumlah penduduk indonesia yang mencapai angka 265 juta jiwa, ada sekitar 24,27 persen merupakan kelompok muda yang produktif," urainya.

Secara kuantitas, lanjutnya, angka 24,27 persen merupakan angka yang cukup besar dan signifikan. Terlebih dalam kurun waktu 2020 sampai dengan 2035; Indonesia akan mendapat bonus demografi. Jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa Indonesia. "Dengan mencatat gambaran itu, maka bonus demografi menjadi windows opportunity atau peluang yang sangat strategis," ujarnya.

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

"Dan kami berdua beserta jajaran Pemerintah Kota Malang memandang dan mengambil peran penting untuk menjadikan bonus demografi sebagai modal strategis, serta tidak justru menjadi kontraproduktif. Oleh karenanya pembangunan bidang pendidikan, bidang kesehatan serta layanan dasar lainnya menjadi hal penting dalam misi kami," pungkasnya. (*)

 

Topik
Wali Kota MalangSutiajiWali Kota MalangSofyan Edi JarwokoKids Zaman NowRapat Paripurna DPRD Kota MalangVisi dan Misi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru