Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

73 Pengungsi Palu Mendarat di Malang dengan Sumringah

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Heryanto

03 - Oct - 2018, 21:02

Rombongan pengungsi tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Rabu (3/10/2018) (foto : istimewa)
Rombongan pengungsi tiba di Lanud Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, Rabu (3/10/2018) (foto : istimewa)

MALANGTIMES - Jika biasanya, Pesawat Militer TNI AU jenis Hercules, digunakan untuk mengangut personel tentara. Rabu (3/10/2018), puluhan orang nampak sumringah saat keluar dari pesawat dengan nomor lambung A1336 tersebut.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Sebanak 73 orang mulai dari muda hingga tua nampak berbondong-bondong  keluar dari pesawat. Mereka merupakan pengungsi bencana yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan kali ini, tim evakuasi memboyong rombongan yang didominasi anak-anak dan perempuan.

Setibanya di Lanud Abdulrachman Saleh, petugas nampak membagikan nasi kota kepada para pengungsi. 

Kadisops Lanud Abdulrachman Saleh Kolonel (Pnb) Reza Sastranegara mengatakan, para pengungsi tersebut bakal diangkut dengan armada bus khusus.

“Sebanyak 73 pengungsi yang berasal dari Jawa Timur ini, bakal diantar ke terminal dan stasiun, guna kembali ke kampung halaman masing-masing.,” terang Reza.

Sebelumnya puluhan pengungsi ini sudah dievakuasi di posko gempa yang ada di Makasar.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Bukan kali pertama, sebelumnya sekitar 100 pengungsi juga dievakuasi menggunakan Hercules A1318 dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Selasa (2/10/2018).

“Kemungkinan besok kami juga akan menerbangkan armada pesawat untuk mengevakuasi pengungsi lainnya, ini sedang menunggu perintah,” imbuh Reza.

Reza menambahkan, sebanyak 73 pengungsi yang dievakuasi hari ini, dalam kondisi sehat.

Hanya saja kebanyakan dari mereka merasakan kelelahan pasca penerbangan. Namun tidak bisa dipungkiri, para pengungsi masih nampak mengalami trauma pasca musibah yang terjadi di Palu.

“Hingga saat ini, total ada sekitar 1.000 pengungsi yang dievakuasi, mereka diboyong ke Makasar Jakarta, serta Malang“, tutup perwira dengan tiga melati di kedua bahunya tersebut.


Topik

Peristiwa Rombongan-pengungsi-tiba-di-Lanud-Abdulrachman-Saleh Pesawat-Militer-TNI-AU Kadisops-Lanud-Abdulrachman-Saleh Kolonel-Reza-Sastranegara


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Heryanto