screenshot  video (youtube)

screenshot video (youtube)



MALANGTIMES - Ustaz Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., atau yang lebih dikenal sebagai ustaz Abdul Somad  merupakan salah satu penceramah kondang yang banyak dicintai masyarakat Indonesia. Gaya berceramahnya yang tak biasa dan sering berkelakar sepertinya menjadi salah satu alasan mengapa ceramahnya selalu banyak dinanti.

Ketika pernah mendengarkan langsung ceramah alumnus Universitas Al-Azhar itu, akan tertawa sendiri mengingat candaan berbobotnya. Jadi tak heran jika ada puluhan bahkan ratusan video yang diabadikan para jamaah yang mendengarkan ceramah Ustaz Abdul Somad tersebut. 

Di youtube, ada begitu banyak video yang memperlihatkan gaya ceramah ustaz kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara itu. Rata-rata memperlihatkan gaya berceramah yang renyah dan penuh candaan. Namun bukan sekedar candaan yang tak memiliki arti.

Dari sekian banyaknya video, berikut ini lima video ceramah Ustaz Buas yang ditonton sampai jutaan kali.

https://youtu.be/A3r9kb6rISU

Pertama video yang diunggah akun Audio Dakwah dengan judul Detik-Detik Ceramah Ustaz Somad di Stop Ustaz Arifin Ilham - Ustaz Abdul Somad LC MA. Video berdurasi 12 menit itu diunggah pada 11 Juni 2018, dan kini sudah ditonton lebih dari tujuh juta kali dan mendapat 35 ribu tanda suka dan 14 ribu tanda tidak suka. 

Dalam video tersebut, Ustaz Abdul Somad bercerita tentang kerugian jika seseorang tak dapat menahan amarahnya. Dia menjelaskan jika orang yang kuat bukanlah orang yang jago berkelahi dan menang adu panco. Melainkan orang yang kuat adalah mereka yang mampu menahan amarah.

"Marah itu nggak ada obatnya kecuali ngaji, ngerti, dan interospeksi diri," katanya sebelum akhirnya dihampiri Ustaz Arifin Ilham di menit ke tujuh. Ekspresi kaget Abdul Somad di dalam video itu pun sontak membuat jamaah yang hadir tertawa lepas.

https://youtu.be/skcLNUpyxTc

Selanjutnya pada video ke dua, yang diunggah oleh akun Ceramah Aswaja dengan judul 30 Pertanyaan Lucu, Tanya Jawab Terbaru Ustaz Abdul Somad, Lc. Ma. Video berdurasi 28 menit 34 detik itu pun sudah ditonton 5,8 juta kali dan mendapat 45 ribu tabda suka dan 4 ribu tanda tak suka.

Dalam video tersebut, Ustaz Abdul Somad menjawab seluruh pertanyaan jamaah dengan gayanya yang khas. Beberapa kali ia berkelakar sembari menjelaskan jawaban dari setiap pertanyaan yang diajukan. Alhasil, para jamaah pun dibuat tertawa lepas.

Salah satu jawaban yang membuat jamaah tertawa adalah ketika Ustaz Abdul Somad menjelaskan tentang hukum membaca Alquran  menggunakan smartphone, padahal smartphone tersebut sering di bawa ke kamar mandi.

Dengan tegas Abdul Somad menjelaskan jika membaca Alquran menggunakan smartphone adalah boleh. Namun haram hukumnya ketika dibaca di dalam toilet ataupun kamar mandi. Artinya, smartphone yang di dalamnya terinstal aplikasi Alquran digital boleh dibawa ke kamar mandi, asalkan Alquran digital dalam mode off.

"Ini kepala saya juga ada Alquran meski nggak 30 juz. Tapi masak kalau mau ke kamar mandi saya harus lepas dulu otak saya," gurau Ustaz Abdul Somad sembari menunjukkan kepala pelontosnya dan membuat gelak tawa jamaah yang hadir.

https://youtu.be/z6Sn7QqAO14

Hal serupa juga terjadi di video ke tiga, yang diunggah akun bernama I'M SINTESA dengan judul Babi Haram, Kenapa Allah Menciptakan? Ustaz Abdul Somad, Lc. MA. Video berdurasi enam menit 59 detik itu pun sudah ditonton sebanyak 6,3 juta kali. Ada 36 ribu warganet yang menyematkan tanda suka, dan 5,7 ribu tanda tak suka.

Dalam ceramahnya itu, Ustaz Abdul Somad kembali berkelakar terkait babi yang diharamkan, namun tetap diciptakan oleh Allah. Dia menyampaikan jika penciptaan babi sebagai yang diharamkan dan kambing sebagai yang dihalalkan itu agar manusia mau berfikir.

"Kalau dilarang ya sudah jauhi dan tinggalkan. Masak mau kurban terus bilang kambing punah seperti dinosaurus," guraunya dan disambut tawa para jamaah yang hadir.

https://youtu.be/Ru64FqOjFys

Di video ke empat yang diunggah akun Tafaqquh video, Ustaz Abdul Somad juga kembali berkelakar. Dalam video berdurasi 1 jam 2 menit itu, ia menjelaskan tentang lima penyesalan setelah mati. Dia pun menjelaskan jika lima alasan tersebut di antaranya adalah karena seseorang yang tidak bersedekah selama hidup, karena tidak mau mendengar dan berfikir, serta tidak berada di jalan Allah.

"Jadi mungkin saja yang di luar sana nanti akan menyesal saat mati. Karena sekarang ada di Jl. Jendral Sudirman," kelakarnya dan mendapat seruan tawa dari para jamaah.

Video yang diunggah pada 2 April 2018 itu sekarang mendapat 39 ribu tanda suka dan sudah ditonton sebanyak 5,9 juta kali.

https://youtu.be/A65vtIO88wM

Video ceramah Abdul Somad berikutnya yang banyak ditonton adalah video yang diunggah Taman Surga.Net yang diunggah pada 4 Maret 2018. Saat ini, video berdurasi 12 menit 13 detik itu telah ditonton lebih dari 7,3 juta dan mendapat 60 ribu tanda suka dari warganet.

Video ceramah yang dilakukan di Jambi itu juga banyak mengundang tawa para jamaah. Karena dalam kesempatan itu Ustaz Abdul Somad kembali berkelakar saat menjawab pertanyaan jamaah terkait pengampunan bagi seseorang yang berbuat zina.

Dia menjelaskan jika seluruh dosa umat manusia akan diampuni oleh Allah SWT, kecuali dosa musyrik. Dia pun menyarankan agar mereka yang dosa lantaran berzina segera bertaubat dengan cara melaksanakan salat taubat.

"Sana mandi taubat, dan nyemplung di sungai," kelakarnya dan disambut tawa. Dia pun kembali menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan jika taubat bisa diawali dengan melaksanakan manis, berwudhu, dan diakhiri dengan salat taubat.

End of content

No more pages to load