Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Rawan Pencurian Kotak Amal, Masjid di Kecamatan Pakis Disatroni Maling 4 Kali

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Lazuardi Firdaus

01 - Oct - 2018, 16:12

Rekaman CCTV saat pelaku melancarkan aksi pencurian kotak amal (foto : Istimewa)
Rekaman CCTV saat pelaku melancarkan aksi pencurian kotak amal (foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Pelaku pencurian saat ini sepertinya semakin nekat dalam melancarkan aksinya. Tidak hanya di rumah warga, bahkan tempat beribadah dijadikan sasaran pencurian. Seperti yang terjadi di Masjid Arruhama Desa Banjarejo Kecamatan Pakis Jumat (1/10/2018).

Sebelum melancarkan aksinya, pelaku pencurian yang hingga kini belum diketaui identitasnya ini, seolah sudah paham betul kondisi dan situasi masjid sebelum menggasak kotak amal yang dia sasar.

Baca Juga : Aktor Senior Tio Pakusadewo Kembali Ditangkap karena Kasus Narkoba

Takmir Masjid Arruhama Achmad Dani menuturkan, dari rekaman CCTV pelaku melancarkan aksinya sekitar jam 01.00. Sebelumnya pelaku mematikan semua lampu penerangan yang ada di Masjid. Sesaat kemudian, pelaku yang diketahui seorang laki-laki ini masuk melalui pintu depan.

Terdapat beberapa pintu di masjid tersebut. Kebetulan pintu depan yang dimasuki pelaku merupakan pintu yang rusak, sehingga tidak bisa dikunci. “Setelah masuk di dalam masjid, pria itu mengambil kotak amal yang ada di balik pintu depan,” terang Achmad kepada MalangTIMES Senin (1/10/2018).

Dalam rekaman CCTV masjid, pelaku yang diketahui mengenakan jaket dan celana panjang itu, lantas membawa kotak amal ke samping imaman. Dimana di tempat itu memang tidak terekam CCTV. Di situlah pria yang membawa tas slempang ini, mencongkel kotak amal dan mengambil uang yang ada di dalamnya. “Total sekitar Rp 1 juta uang yang dibawa kabur pelaku,” sambung Achmad.

Kejadian ini diketahui pertama kali oleh seorang warga yang hendak melantunkan adzan subuh. Mengetahui kotak amal sudah berpindah tempat, pihak takmir masjid langsung melihat rekaman CCTV. Dari 4 CCTV yang terpasang, pelaku nampak kabur dari pintu yang sama setelah melancarkan aksinya. “Kalau melihat rekamannya, sepertinya pelaku bukan warga Desa Banjarejo,” tutur Achmad.

Achmad menambahkan, kejadian semacam ini bukan kali pertama terjadi. Total sudah empat kali, masjid yang ada di Desa Banjarejo ini, disatroni maling. Motifnya beragam, mulai memecah kotak amal, mencongkel kotak amal kemudian disembunyikan di rumah warga, ada pula yang menggunakan perekat, untuk mengambil uang.

Baca Juga : Tulis "Bubarkan Negara", 10 Orang Ini Diciduk Polisi

“Karena sering dicuri, makanya kami berinisiatif memasang CCTV. Rencananya uang hasil amal para jamaah itu, bakal digunakan untuk membangun tempat wudlu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Banjarejo Suko Mulyono mengatakan, kasus ini sudah dilaporkan ke Polsek Pakis Jumat (1/9/2018). Bahkan beberapa personel polisi sudah diterjunkan ke lokasi, untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). “Hasil rekaman CCTV masih diamankan polisi, untuk barang bukti dan mengungkap kasus pencurian kotak amal yang marak terjadi di Desa Banjarejo ini,” pungkasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Rawan-Pencurian-Kotak-Amal kasus-pencurian-malang aksi-pencurian-kotak-amal


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Lazuardi Firdaus