Ini Tiga Kota Terbaik Versi Kemendagri Peraih Bintang Tiga Hingga Empat

MALANGTIMES - Kinerja pemerintahan yang baik bakal meningkatkan kenyamanan warga yang tinggal di suatu kota. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahkan memberikan penilaian terhadap seluruh daerah di Indonesia. Dari total 93 kota, hanya satu yang mendapatkan predikat bintang empat yakni Kota Malang.

Penilaian itu sendiri tertuang dalam Keputusan Mendagri Nomor 100-53 Tahun 2018 tentang Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional. Peringkat dan status kinerja sendiri dikelompokkan dalam lima kategori dan diberikan atribut bintang.

Layaknya hotel, peringkat itu dimulai dari bintang satu (*) hingga bintang lima (*****)  sesuai dengan nilai yang diperoleh. Untuk mendapat bintang lima, suatu kota harus mendapatkan poin 3,75 dan minimal poin 3,0 untuk memperoleh bintang satu. Hanya 57 kota yang mendapatkan atribut bintang, MalangTIMES merangkum tiga terbaik versi penilaian itu.

1. Kota Malang (****) 
Kota Malang menjadi satu-satunya kota berbintang empat pada 2018 ini versi Kemendagri. Salah satu yang menjadikan kota dingin ini mendapat nilai bagus adalah tingginya partisipasi masyarakat untuk ikut membangun daerah. Salah satunya, munculnya kampung-kampung tematik yang menjadi jujukan wisata serta menggerakkan ekonomi setempat.

2. Kota Makassar (***)
Posisi kedua diraih Kota Makassar dengan atribut bintang tiga. Penilaian atas kota dengan kinerja terbaik ini sendiri dilakukan dengan skoring atas sekitar 700 indikator yang ditetapkan. Di antaranya yakni hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).

3. Kota Surabaya (***)
Perolehan nilai Kota Surabaya di posisi ketiga tidak terpaut jauh dengan Kota Makassar. Keduanya pun diganjar dengan atribut bintang tiga. Selain Kemendagri, penilaian atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) itu juga melibatkan beberapa lembaga. Di antaranya Kementerian PAN-RB, Kemenkeu, Kementerian Hukum dan HAM, dan lain-lain.

Top