Sekitar 100 peserta dari OPD serta Camat nampak antusias mengikuti sosialisasi Innovative Government Award (IGA) 2018, Kabupaten Malang. (Foto : Balitbangda for MalangTIMES)
Sekitar 100 peserta dari OPD serta Camat nampak antusias mengikuti sosialisasi Innovative Government Award (IGA) 2018, Kabupaten Malang. (Foto : Balitbangda for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten Malang, sepertinya serius ingin mendulang prestasi dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2018. Melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Malang, senin (24/9/2018), pemerintah mengadakan sosialisasi, dengan pemateri dari Kementrian Dalam Negeri (kemendagri).

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikepalai Mursyidah ini, sepertinya serius ingin mendapatkan penghargaan pada ajang tahunan tersebut. Kepada MalangTIMES Mursyidah menegaskan, langkah nyata itu dimulai dengan mengadakan sosialisasi dengan dua pemateri dari Kemendagri. Minimnya waktu, membuat OPD harus ngebut untuk mempersiapkan beberapa gagasan inovasi dalam ajang IGA mendatang. “Dua pemateri dari kemendagri, yakni Hadi supratikta dan Adi Suhendra kami hadirkan, untuk memberi pengarahan langsung, terkait agenda IGA tersebut,” tuturnya.

Pada acara yang digelar di ruang rapat anusapati ini, turut dihadiri 100 peserta dari OPD dan Camat di Kabupaten Malang. Di hadapan tamu undangan Mursyidah menegaskan, tahun lalu Kabupaten Malang menyabet penghargaan peringkat tiga pada ajang IGA. Sedangkan inovasi yang digagas Balitbangda, memgenai gagasan pengenalan produk unggulan apel yang sempat meredup, mendapat apresiasi dan menjadi juara pertama pada kategori Sistim Inovasi Daerah (Sida). “Menimal kita harus mempertahankan prestasi tahun lalu, terlebih jika bisa meningkatkan prestasi dari tahun sebelumnya,” kata Mursyida.

Mursyida menambahkan, berdasarkan peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara nomor 15 tahun 2013, mewajibkan one agancy one inovation (Satu dinas satu inovasi). Untuk itu pihaknya bakal menggelar rapat dalam waktu dekat ini. Dimana pada agenda tersebut bakal membahas, inovasi apa saja yang akan diusung oleh masing-masing dinas yang ada di Kabupaten Malang.

Nantinya gagasan tersebut bakal ditindak lanjuti ke Jakarta, dan dibahas secara detail terkait persiapan dalam ajang IGA mendatang. “Secepatnya akan kami bahas, kemungkinan besok kami rapat,” pungkasnya.