Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Ini Wujud Konkret Kekeliruan Penerapan Full Day School di Kota Malang

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Heryanto

23 - Sep - 2018, 16:52

illustrasi (Republika)
illustrasi (Republika)

MALANGTIMES - Full Day School dibuat agar siswa bisa maksimal dalam belajar di sekolah.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Full day school juga merupakan alternatif agar dapat mencegah dan menetralisir kemungkinan anak melakukan kegiatan yang negatif.

Untuk diketahui, pembelajaran full day school membebaskan siswa dari Pekerjaan Rumah (PR).

Namun, kenyataan di lapagan tidak seperti itu. Beberapa guru siswa masih mendapatkan PR.

Contohnya saja siswa-siswi di salah satu SMA negeri di kota Malang yang tidak berkenan disebutkan. Salah satu guru menyatakan bahwa siswanya terkadang masih mendapatkan PR. 

Sebenarnya tidak boleh ada PR lagi. Tapi kenyataannya anak-anak masih dapat PR. Biasanya Matematika, Geografi, Bahasa Indonesia, dan Sejarah.

"Tapi ya tetap saja ngerjakannya di sekolah. Kalau waktu free di kelas saya mereka suka minta izin ngerjakan PR," ujar Dilahing Prawesti, guru Bahasa Mandarin di sekolah tersebut.

Ini artinya, pembebasan PR tidak dilakukan secara keseluruhan di Kota Malang.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Padahal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menyatakan sistem ini tidak memperkenankan anak mendapat PR.

Ia juga menyatakan bahwa full day school tepat untuk perkembangan zaman karena anak-anak bisa belajar secara maksimal di sekolah.

Dalam sistem fullday school, anak-anak belajar secara maksimal di sekolah.

"Sepulang sekolah mereka juga bisa langsung beristirahat. Sebab sistem full day school tidak diperkenankan adanya pekerjaan rumah, " terang Zubaidah.

Zubaidah peringatkan, sekolah yang sudah menerapkan full day jangan lagi bebankan siswa dengan PR. Toh, Menteri Pendidikan Prof Muhajir Efendi juga melarang keras skeolah menekan siswa di sekolah menggarap PR.

 


Topik

Pendidikan malang berita-malang pembelajaran-full-day-school


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Heryanto