Saat Badak India Ulang Tahun Nikmati Tumpeng Sayur di Kaki Gunung Panderman

Sep 22, 2018 18:43
Bertus badak India saat menikmati tumpeng sayur di area kandangnya Batu Secret Zoo Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Bertus badak India saat menikmati tumpeng sayur di area kandangnya Batu Secret Zoo Jatim Park 2. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Bertus namanya si badak India bahagia dapat kado spesial berupa tumpeng buah di kandangnya Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2. Kado itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Badak Dunia yang tahun ini jatuh pada Sabtu (22/9/2018).

Beberapa buah dan sayuran yang disajikan itu meliputi sawi, putih, pisang, apel, semangka, wortel, blewah, dan timun. Tepat di bawah kaki Gunung Paderman Bertus sangat menikmati sajian yang disuguhkan pihak Jatim Park.

Bertus saat ini berusia 10 tahun, usia cukup dewasa untuk badak. Karena badak bisa hidup mencapai usia 45 tahun.

Baca Juga : Peduli Covid-19, Hawai Grup Sumbang Ratusan APD ke Pemkot Malang

Masa kehamilannya cukup lama, sekitar 17 bulan, dan hanya bisa melahirkan satu ekor anak saja dalam sekali kelahirannya. Karena itu keberadaan badak saat ini cukup langka. 

Akan tetapi untuk bisa melihat Bertus, wisatawan harus mengikuti Safari Farm dengan menggunakan kereta yang sudah disiapkan oleh Batu Secret Zoo.

drh Prista Dwi Restanti, Dokter Hewan Batu Secret Zoo Jatim Park 2 mengatakan badak merupakan salah satu satwa dilindungi dan termasuk satwa langka.

Indonesia memiliki dua jenis badak, yaitu Badak Sumatera dan Badak Jawa, yang merupakan salah satu di antara badak langka dunia. 

Karena itu dengan digelarnya peringatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya konservasi badak. 

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

"Dengan kami membuat acara ini sambil mengedukasi kepada masyarakat. Karena badak rentan terancam, banyak ancaman pemburuan liar di luar karena diambil culanya," kata Prista.

Ia menjelaskan 22 September 2010, ditetapkan sebagai Hari Badak Dunia yang dimulai di Afrika Selatan, dengan tujuan agar populasi badak tetap terjaga.

Selain itu, perayaan ini menjadi yang kedua kali dirayakan di Batu Secret Zoo. Saat ini di Batu Secret Zoo baru ada dua badak putih berkelamin betina. Berat 2,5 sampai 3 ton asal dari Afrika.

Di sisi lain jenis Badak Jawa ada 67 ekor dan badak Sumatera kurang lebih 100 ekor. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat kedua spesies badak ini adalah satwa endemik Indonesia.

“Karena itu sebagai lembaga konservasi, rencananya tahun depan Jatim Park 2 akan menghadirkan lagi badak putih pejantan,” tutupnya.

Topik
Badak India Ulang TahunBatu Secret Zoo Jawa Timur Park 2Dokter Hewan Batu Secret Zoo Jatim Park 2drh Prista Dwi Restanti

Berita Lainnya

Berita

Terbaru