Layanan gambar gratis DPMPTSP Kota Malang salah satunya dapat diperoleh di mobil keliling (foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)
Layanan gambar gratis DPMPTSP Kota Malang salah satunya dapat diperoleh di mobil keliling (foto: Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Layanan gambar gratis merupakan salah satu program andalan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) atau yang dulu dikenal sebagai Dinas Perizinan Kota Malang. 

Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak mendirikan bangunan dengan luasan maksimal 150 meter persegi. Saat datang mengurus IMB, masyarakat bisa langsung mengajukan layanan tersebut dengan biaya gratis.

"Biasanya kalau gambar sendiri kan bayarnya lumayan mahal, dan untuk masyarakat yang membutuhkan gratis. Tapi tidak untuk pengembang ya," terang Petugas Gambar DPMPTSP Kota Malang, Tri Wahyuli pada MalangTIMES belum lama ini.

Layanan gratis tersebut menurutnya bisa didapatkan dengan mendatangi langsung kantor DPMPTSP di kantor layanan terpadu. Jika malas menempuh jarak jauh, Anda bisa memanfaatkannya melalui layanan mobil keliling.

Dalam layanan tersebut, seorang arsitek selalu turut serta untuk memberi layanan gambar gratis. Mobil keliling dalam satu pekan setidaknya tiga sampai empat kali mengunjungi beberapa titik. Diantaranya seperti kantor kecamatan, kantor kelurahan, hingga perkampungan.

"Dan layanan gambar gratis ini memang paling banyak diminati oleh masyarakat," jelasnya.