Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Hukum dan Kriminalitas

Polres Malang Selidiki Kecelakaan Kerja di Pakisaji, Pekerja Tewas Terjepit Mesin Bubut

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

22 - Jun - 2024, 21:28

Placeholder
Polisi saat melakukan serangkaian penyelidikan dugaan kecelakaan kerja yang terjadi di bengkel konstruksi mesin di Kecamatan Pakisaji, Sabtu (22/6/2024).

JATIMTIMES - Polres Malang melakukan serangkaian penyelidikan  kecelakaan kerja yang terjadi di bengkel konstruksi mesin Jalan Raya Kebonagung, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Sabtu (22/6/2024). Dalam insiden tragis tersebut,  satu orang pekerja yang telah lansia tewas terjepit mesin bubut.

Data kepolisian mengungkapkan, identitas korban tewas yang merupakan seorang pekerja di bengkel tersebut bernama Satuki (71). Korban merupakan warga Dusun Tenggulunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Baca Juga : Empat Warga Blitar Tewas dalam Kecelakaan Tragis di Tol Semarang-Batang

Kasihumas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara mengungkapkan, sesaat setelah kejadian tim Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji diterjunkan ke lokasi kejadian guna melakukan serangkaian penyelidikan. Termasuk olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Peristiwa kecelakaan kerja di wilayah Kecamatan Pakisaji kini sedang dalam penanganan personel Inafis Satreskrim Polres Malang dan Polsek Pakisaji," ujar Dicka  di Polres Malang, Sabtu (22/6/2024) malam.

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang dihimpun polisi, insiden kecelakaan kerja bermula pada Sabtu (22/6/2024) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Ketika itu korban yang bekerja sebagai operator mesin bubut di CV Citra Manunggal tersebut sedang melakukan aktivitas pekerjaan bersama pekerja lainnya.

"Korban saat itu sedang membuat peralatan mesin bor berukuran besar untuk digunakan sebagai alat pertanian pengolah tanah," ungkap Dicka.

Beberapa saat kemudian, para saksi mendengar teriakan korban dari dalam ruangan tempat mesin bubut. Saksi yang mendengar teriakan tersebut bergegas mendatangi sumber suara dan masuk ke dalam ruangan. "Ketika itu, saksi mendapati korban telah terjepit mesin bubut," imbuh Dicka.

Mengetahui kejadian tersebut, para saksi bergegas mematikan mesin dan kemudian meminta bantuan kepada karyawan lainnya. "Namun saat diperiksa oleh para saksi, korban sudah meninggal dunia akibat tergilas mesin pertanian yang dibuat oleh korban," imbuhnya.

Polsek Pakisaji yang menerima laporan mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah TKP bersama tim Inafis Satreskrim Polres Malang. Dari hasil pemeriksaan polisi, korban mengalami luka parah di sekujur tubuhnya.

Baca Juga : Bupati Sanusi Resmikan Jalan Rabat di Desa Babadan Ngajum, Berharap Perekonomian Semakin Baik

"Korban mengalami luka sayatan dan robek di bagian bahu, leher, dan lengan kiri akibat tergilas mesin pertanian pengolah tanah tersebut," ujarnya.

Luka di sekujur tubuh lansia itulah, lanjut Dicka, yang menyebabkan korban tewas seketika. Diketahui, para saksi yang sempat berupaya menolong juga tidak sempat mengevakuasi korban agar mendapatkan penanganan medis.

"Korban meninggal dunia di lokasi kejadian akibat tergilas mesin pertanian pengolah tanah," imbuh Dicka.

Selain melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, polisi juga mengumpulkan berbagai barang bukti di lokasi kejadian guna kepentingan penyelidikan. Di sisi lain, jasad korban yang berhasil di evakuasi dari dalam mesin bubut dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang untuk dilakukan autopsi.

"Kami masih melakukan penyelidikan terkait kejadian ini, petugas sedang mendalami terkait ada tidaknya peristiwa tindak pidana berupa kelalaian sehingga mengakibatkan kecelakaan kerja," pungkas Dicka.


Topik

Hukum dan Kriminalitas Pekerja tewas kecelakaan kerja Malang Polres Malang



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy