Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Truk Muatan Tebu Terbalik dan Menimpa Minibus di Situbondo, Berikut Penyebabnya!

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Jun - 2024, 15:59

Placeholder
Kondisi lokasi kecelakaan lalu lintas truk bermuatan puluhan ton tebu terguling dan menutupi ruas jalan raya Pantura Situbondo, Kamis (20/6/2024) malam. (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) yang melibatkan 3 kendaraan yakni 2 truk dan satu mobil Daihatsu Xenia, terjadi di Jalan Raya Pantura Situbondo, tepatnya di Jalan Raya Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (20/6/2024) malam.

Peristiwa laka lantas yang melibatkan tiga kendaraan itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB itu, diduga akibat sopir truk bermuatan tebu mengantuk sehingga tidak mampu mengendalikan laju kendaraan saat di tikungan.

Baca Juga : Truk Muatan Tebu Terbalik dan Menimpa Minibus di Situbondo, Berikut Penyebabnya!

Meskipun mobil Xenia bernopol P 1451 DR tertimpa truk bermuatan tebu, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden laka beruntun itu, pengemudi mobil bernama Zainur Rifah (42) warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Bondowoso, hanya mengalami luka lecet karena sempat terjepit di dalam mobil.

Akibat tabrakan beruntun tersebut, menyebabkan kemacetan arus lalu lintas yang cukup panjang karena truk terbalik dan muatan tebu tumpah menutupi ruas jalan raya.

Bahkan untuk mengurai kemacetan yang semakin panjang, Satuan Lantas Polres Situbondo, menurunkan mobil derek untuk meminggirkan puluhan ton tebu yang tumpah berserakan di jalan raya tersebut.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (21/6/2024), Kanit Penegakan Hukum (Gakkum ) Satlantas Polres Situbondo, Ipda H Rahman Fadli Situbondo, membenarkan terjadinya laka beruntun di pertigaan jalan raya Suboh itu.

Menurutnya, insiden laka beruntun itu bermula saat Mobil Daihatsu Xenia nopol P 1451 DR yang dikemudikan Zainur Rifah (42) sedang berhenti di lampu merah karena lampu traffic light sedang merah, begitu pula kendaraan truk nopoL W 9435 UL yang dikemudikan Herman Sutrisno (40) warga Desa Tanjungrejo, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo berada di belakang mobil tersebut.

Baca Juga : Waspada Mafia Tanah Berkeliaran, Begini Modusnya

Ipda Rahman melanjutkan, setelah itu melaju truk sarat muatan tebu nopol P 8089 UA yang dikemudikan Imam Mudi (24) warga Dusun/ Dusun Sukowiryo, Kecamatan/ Kabupaten Bondowoso, akan melewati jalan tikungan truknya oleng ke arah kiri. 

"Kecelakaan itu terjadi karena sopir truk mengantuk dan tidak dapat menguasai laju kendaraan, sehingga oleng dan menimpa mobil minibus serta menabrak truk," ujarnya.

Untuk memastikan penyebab pastinya, kata Ipda Rahman menjelaskan jika pihaknya masih akan melakukan olah TKP. "Sampai saat ini sopir truk masih diperiksa di unit laka untuk dimintai keteranganya," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Kecelakaan kecelakaan lalu lintas kecelakaan truk situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni