Layanan mengurus izin di DPMPTSP Kota Malang. (Pipit Anggraeni)
Layanan mengurus izin di DPMPTSP Kota Malang. (Pipit Anggraeni)

MALANGTIMES - Masih bingung bagaimana caranya mengurus surat izin mendirikan bangunan (IMB) di Kota Malang? Tidak usah khawatir menyita banyak waktu. Sebab, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Malang memberi banyak kemudahan bagi Anda yang hendak mengurus IMB.

Selain bisa langsung mendatangi kantor DPMPTSP yang berada di kantor terpadu, juga sudah ada layanan mobil keliling. Layanan tersebut hampir setiap hari menyambangi setiap titik strategis di Kota Malang termasuk kantor kelurahan dan kantor kecamatan. Jadi buat kalian yang malas untuk antre panjang dan ogah menempuh jarak jauh, bisa memanfaatkan layanan jemput bola tersebut.

Kepala Bidang Data dan Sistem Informasi DPM-PTSP Kota Malang Alwiyah menyampaikan, mengurus IMB bukanlah hal yang sulit. Masyarakat hanya perlu membawa berkas untuk kemudian bisa langsung diproses dengan jangka waktu yang cepat.

"Maka dari itu, masyarakat juga kami imbau agar tak gunakan jasa calo. Kalau gunakan jasa calo itu mahal dan bisa saja lama," katanya kepada MalangTIMES belum lama ini.

Menurut Alwiyah, kebanyakan warga yang menggunakan jasa calo memang memiliki kesibukan yang cukup tinggi. Sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk datang sendiri ke kantor terpadu. Namun dengan adanya upaya jemput bola menggunakan mobil keliling itu, dia berharap masyarakat semakin mudah menjangkau layanan.

"Bisa konsultasi, serahkan berkas, maka IMB bisa langsung diurus tanpa harus datang ke kantor kami. Termasuk formulir bis diperoleh di mobil keliking tersebut," imbuhnya.

Beberapa berkas yang perlu dibawa saat hendak mengurus IMB di antaranya adalah foto kopi gambar rencana dan denahnya, fotokopi sertifikat tanah, fotokopi KTP pemilik lahan dan bangunan, serta surat perjanjian penggunaan lahan (jika tanah itu bukan milik si pemilik lahan).

Selain itu, petugas DPM-PTSP menyediakan jasa desain bangunan gratis bagi warga yang memanfaatkan layanan ini. Desain itu bisa langsung dikerjakan usai pengajuan dilayangkan. Sehingga, masyarakat terus didorong untuk datang langsung mengurus surat izinnya secara mandiri dan tidak lagi menggunakan jasa orang ketiga. (*)