Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Ketua DPC Demokrat Situbondo Apresiasi Cara Pemkab Tekan Angka Pengangguran Terbuka

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Jun - 2024, 18:25

Placeholder
Janur Sasra Ananda, Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo di sela-sela perbincangan dengan praktisi hukum mengenai kasus korban Koperasi Raung, Kamis (20/6/2024). (Foto: Wisnu Bangun Saputro/ JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Guna menekan angka pengangguran terbuka di kabupaten Situbondo, pemerintah setempat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bakal mengadakan kegiatan Job Fair dan Expo 2024 Kabupaten Situbondo, pada 31 Juli 2024 mendatang.

Berdasarkan data BPS, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo mengalami penurunan dalam 3 tahun terakhir, pada tahun 2021 angka pengangguran terbuka sebanyak 3,68 persen, turun menjadi 3,38 persen pada tahun 2022 sedangkan pada tahun 2023 turun menjadi 3,27 persen.

Baca Juga : Suaminya Ditugaskan Jadi Kandidat Wali Kota Kediri, Begini Respon Istri Katino

Penurunan angka pengangguran terbuka ini mendapatkan apresiasi dari Ketua DPC Partai Demokrat Situbondo, Janur Sasra Ananda. Dia mengatakan jika penurunan tersebut menjadi bukti jalannya progam pemerintah dalam hal ini Disnakertrans Situbondo melalui Job Fair dan Expo.

"Kegiatan Job Fair dan Expo masih menjadi  program yang terbukti efektif menekan jumlah pengangguran terbuka di Situbondo, karena saat job fair dan expo pelamar langsung ditemukan dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan," ungkap Janur di sela-sela kesibukannya, Kamis (20/6/2024).

Ketua DPC sekaligus anggota DPRD Situbondo dari fraksi Demokrat itu juga mengatakan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Situbondo lebih rendah dibandingkan dengan kabupaten tetangga.

"Bahkan di salah satu kabupaten yang terkenal sebagai kabupaten industri saja tingkat pengangguran terbukanya lebih tinggi dari Kabupaten Situbondo, ini menunjukkan banyaknya perusahaan tidak bisa linier dengan jumlah pengangguran, sebab banyak faktor yang mempengaruhi salah satunya mental pelamar kerja," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata Janur tidak mengherankan jika program job fair dan expo ini masih menjadi salah satu upaya terbaik untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Situbondo, selain menambah lapangan pekerjaan.

Baca Juga : Rekom Turun, DPP PKB Percayakan Deny Widyanarko Maju sebagai Calon Bupati Kediri

"Manfaatkan kesempatan untuk hadir di job fair dan expo 2024 Kabupaten Situbondo yang akan diadakan di GOR Baluran pada tanggal 31 Juli 2024 mendatang," imbuhnya.

Janur menginfokan pada job fair tersebut nantinya ada 66 perusahaan yang akan hadir dengan 1055 lowongan pekerjaan

"Disnakertrans Situbondo juga membuka stand untuk membantu pembuatan kartu AK1 atau Kartu Kuning dan bagi yang tidak bisa membuat surat lamaran kerja Disnaker juga bakal membantu membuatkan, asalkan syarat dan tujuannya yang dilamar sudah jelas dan lengkap," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Pengangguran lowongan pekerjaan job fair Situbondo Pemkab Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni