Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Formasi Tim Seleksi Lengkap, Uji Kemampuan Kepala Dinas Dimulai Lagi

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Sep - 2018, 08:20

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. (Foto: Irsya Richa/BatuTIMES)

MALANGTIMES - Setelah tertunda, para pejabat Kota Batu yang mengikuti assessment atau uji kompetensi bakat dan kemampuan bisa melanjutkan tahap berikutnya. Sebab, akhirnya tim panitia seleksi (pansel) sudah kembali memiliki formasi lengkap.

Tim pansel itu terdiri dari Kepala Kanreg BKN Jatim Tauchid Djatmiko, Sekda Batu Zadiem Efisiensi, Plt Kepala BKPSDM M. Chori, dan dua orang dari akademisi Universitas Brawijaya.  “Kalau sebelumnya tim pansel terhenti, kan karena mantan Kepala BKPSDM Wiwik Sukesi harus pensiun dini. Sehingga kami harus mencari ganti,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Program Kartu Prakerja di 56 Lokasi

Tim pansel untuk assessment itu dua di antaranya dari internal atau 40 persen dari Pemkot Batu. Setelah jabatan kosong ditinggal Wiwik Sukesi sejak awal September itu, kini telah diisi M. Chori. 

Dengan demikian, saat ini Chori harus merangkap jabatan. Yakni selain plt kepala BKPSDM, juga sebagai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batu. “Dengan terisi lagi jabatan yang ditinggal Wiwik, otomatis tim pansel sudah lengkap. Sehingga proses assessment bisa jalan lagi,” imbuh Punjul. 

Ia menjelaskan bahwa surat penggantian jabatan sudah turun dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Sehingga dalam waktu dekat, proses assessment. yakni tahapan wawancara 11 aparatur sipil negara (ASN), bakal dilakukan. 

Menurut Punjul, assessment ini dilakukan agar mengetahui bakat dan kemampuan pejabat Pemkot Batu supaya cocok diposisikan menjadi kepala dinas yang tepat. Setelah assessment selesai, para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) itu bakal dimutasi sesuai dengan hasil penilaian.

“Setelah selesai melakukan mutasi nantinya, tigas berikutnya mengisi kekosongan OPD. Melihat banyak OPD yang kosong, termasuk dengan BKPSDM,” jelas pria dua anak itu.

Sedangkan 11 pejabat yang mengikuti ujian kompetensi itu adalah Susetya Herawan (kepala Dinas Perhubungan), Balok (sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/DPRD) Kota Batu, Ahmad Rudianto dan Erwan Pujawiyatno (keduanya adalah staf ahli Pemkot Batu). 

Baca Juga : Banyak Manfaat Kantongi SLF, Berikut Syarat-Syarat Kepengurusannya

Lainnya ada Bambang Kuncoro (kepala Dinas Sosial), Endang Triningsih (asisten sekda Pemkot Batu), Edy Murtono (inspektur Pemkot Batu), Arif Setiawan (kepala Dinas Cipta Karya Kota Batu). 

Selanjutnya Arief As Siddiq (kepala Dinas Lingkungan Hidup), Siswanto (kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu), Eny Rachyuningsih (kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSTPT) Kota Batu  sekaligus plt kepala Dinas Pendidikan). (*)

 


Topik

Pemerintahan Uji-Kemampuan-Kepala-Dinas-Kota-Batu berita-kota-batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni