Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Sebelum Beli dan Pakai Acne Patch, Yuk Kenali Dulu Jenisnya dan Tipe Jerawat

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

20 - Jun - 2024, 12:33

Placeholder
Penggunaan acne patch pada wajah. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Yang lagi ingin menggunakan acne patch untuk mengatasi dan menutup jerawat jangan asal pilih, kalian harus tahu jenis dan fungsi sebelum membeli atau menggunakan. Sebab jika salah pakai akibatnya bisa fatal.

Yuk kenali dulu acne patch ada tiga jenis, yakni hydrocolloid patch, medicated patch dan microneedle patch. “Sebelum kalian beli acne patch kenali dulu jerawatnya dan jenis acne patch-nya,” kata dokter kecantikan, Yessica Tania dikutip Kamis (20/6/2024).

Baca Juga : Waspada, Cilok Masuk Junk Food Lokal, Berikut Kandungannya!

Perempuan yang akrab disapa dokter Zie menjelaskan tiga fungsi tiga jenis acne patch pada wajah lewat sosial medianya. Pertama untuk jenis Hydrocolloid Patch bisa digunakan untuk jerawat pustula, cirinya berwarna merah dengan nanah putih di ujungnya.

Fungsi dari acne patch ini untuk menyerap nanah. “Di dalam kandungan acne patch ini hanya mengandung hydrocolloid, tidak ada yang lain,” ujar dokter Zie baru-baru ini.

Kemudian acne patch jenis Medicated Patch untuk jenis jerawat papula dan pustula. Berbeda dengan jerawat pustula, jerawat papula biasanya hanya berupa benjolan berwarna merah tanpa disertai nanah pada bagian tengahnya.

Jenis Medicated Patch ini mengandung bahan aktif seperti Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, serta Tea Tree. Berfungsi untuk menenangkan jerawat, mengecilkan ukuran jerawat dan menyerap nanah.

Terakhir Microneedle Patch bisa untuk jerawat Papula, Kostik atau batu, dan Nodular adalah jenis jerawat meradang yang terbentuk di lapisan bawah kulit. Mengandung bahan aktif seperti Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, Tea Tree dan ada jarum-jarum halus.

“Fungsinya untuk menenangkan jerawat, mengecilkan ukuran jerawat, menyerap nanah, bahan aktif terserap lebih dalam,” imbuh perempuan 33 tahun ini.

Baca Juga : Resep Bakso by Chef Devina Hermawan, Memanfaatkan Stok Daging Kurban

dokter Zie mengimbau saat digunakan untuk tidak menggunakan terlalu lama, karena bisa membuat area yang ditutup acne patch seperti chemical burn. Terjadinya chemical burn karena acne patch punya bahan aktif pada kulit wajah.

Jika ditutup oleh patch terjadi oklusif, sehingga berisiko iritasi seperti over exfoliate atau bahkan chemical burn. Jadi jika kalian ingin menggunakan meskipun bentuknya lucu-lucu cari tahu terlebih dahulu komposisi pada acne patch.

“Dilihat dulu yang medicated atau enggak kalau yang begitu pakainya itu 6-8 jam aja jangan lebih dari itu,” tutup dokter Zie.


Topik

Gaya Hidup Atasi jerawat dokter zie yessica tania



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya