Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Abdullah bin Abbas, Sepupu Nabi yang Rela Tidur di Emperan Rumah Untuk Mencari Ilmu 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

19 - Jun - 2024, 11:31

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Kisah Abdullah bin Abbas menjadi satu kisah yang patut diteladani, khususnya para pelajar. Meski dari kalangan terpandang dan terhormat, sosoknya sangat memahami  bahwa ilmu merupakan hal penting. Bahkan, untuk mendapatkan ilmu, ia tak segan dan rela untuk tidur di emperan rumah hanya untuk bisa belajar dan mendapatkan ilmu bermanfaat. 

Meskipun Abdullah juga merupakan sepupu Rasulullah SAW, namun sosoknya juga begitu rendah hati dan tidak menunjukkan rasa sombong. Sejak kecil, Abdullah sangat tertarik dengan ilmu. 

Baca Juga : Imam Besar Masjid Nabawi Ingatkan Bahayanya Dosa Kecil yang Menumpuk

Dalam Kitab Kisah-Kisah Sahabat yang ditulis Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi, dijelaskan, bahwa karena semangatnya dalam menggali ilmu, sosoknya sampai dijuluki Hibrul Ummah (Pakar Umat) dan Bahrul Ilmi (Samudra llmu). 

Satu ketika, Abdullah bin Abbas bercerita, dimana setelah wafatnya Rasulullah, masih banyak sahabat yang berada diantaranya. Ketika itu, Abdullah berbicara kepada seorang laki-laki Anshar. Ia kemudian mengajak untuk menemui mereka dan bertanya perihal masalah agama dan menghafalkannya.

Laki-laki Anshar ini kemudian berkata, "Apakah orang-orang akan datang kepadamu untuk menanyakan masalah agama, sedangkan sebagian besar sahabat masih hidup ?". Sampai akhirnya, laki-laki Anshar ini kemudian berkata dengan perkataan yang arahannya tidak bersedia untuk mengikuti perkataan Abdullah.

Merespon hal ini, Abdullah kemudian berkata, "Aku pun terus mencari ilmu-ilmu agama. Jika aku mengetahui bahwa seseorang telah mendengar satu hadits dari baginda Rasulullah SAW, aku langsung mendatangi dan menanyakannya. Aku mendapatkan khazanah ilmu yang sangat banyak dari Kaum Anshar."

Kemudian, Abdullah berkata, bahwa sebagian sahabat yang ia kunjungi, ketika dilihatnya tengah tidur, maka Abdullah akan menghamparkan kain untuk duduk disamping pintu rumah sahabat tersebut. Meski dalam kondisinya ia harus penuh dengan kotoran.

"Sebagian sahabat yang aku datangi, jika aku tahu dia sedang tidur, maka aku menghamparkan kain untuk duduk di samping pintu rumahnya, walaupun wajah dan tubuhku kotor oleh debu yang dihembuskan angin, aku tetap menunggu. Setelah ia bangun, aku menyampaikan apa yang hendak aku ketahui," katanya.

Kemudian ada sahabat yang berkata kepada Abdullah, "Kamu adalah sepupu baginda Rasulullah SAW mengapa kamu menyusahkan diri? Seharusnya kamu memanggilku saja." Abdullah bin Abbas lantas menjawab, "Aku sedang menuntut ilmu, jadi akulah yang lebih berhak mendatangimu." 

Baca Juga : Peringkat 4 Peparprov ke-2 Jatim 2024, Pj Wali Kota Kediri Zanariah Beri Apresiasi Atlet NPCI

Sahabat itu kemudian bertanya, sejak kapan Abdullah menunggunya. Abdullah menjawab, bahwa ia cukup lama menunggunya. Sahabat itupun merasa bahwa Abdullah telah berbuat sesuatu yang tidak layak. Sebab, Abdulllah tidak memberitahukan kedatangannya.

Mendengar  hal itu, Abdullah berkata, "Hatiku tidak ingin hajatmu tertunda karena kepentinganku."

Lanjut Abdullah berkata, "Aku terus mempelajari ilmu darinya. Hingga suatu ketika banyak orang yang belajar ilmu dariku. Laki-laki Anshar yang pernah aku ajak mencari ilmu, baru menyadari dan menyesal seraya berkata bahwa anak ini (Abdullah bin Abbas) ternyata lebih cerdas daripada kita." (HR Darami).

Atas pengorbanan dan kesungguhan dalam mencari ilmu, Abdullah bin Abbas ditempatkan Umar menjadi salah satu ulama terkemuka. Artinya, hal ini bukan karena Abdullah merupakan sepupu nabi, melainkan karena tekad besar Abdullah untuk belajar dan mencari Ilmu. Manakala mengandalkan kekerabatan dengan nabi, maka tentu derajat Abdullah tak akan mencapai derajat tersebut.


Topik

Serba Serbi Abdullah bin Abbas Rasulullah sepupu Rasulullah



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya