Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Semarakkan Hari Raya Idul Adha, Parpol di Malang Bagikan Ribuan Paket Daging Kurban

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

18 - Jun - 2024, 17:50

Placeholder
Proses pemotongan hewan kurban di DPC PKS Lowokwaru.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sejumlah partai politik di Kota Malang turut menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H. Ribuan paket daging kurban dibagikan pada Selasa (18/6/2024). Di antaranya oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Malang dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan, total ada sebanyak 7 ekor sapi yang disembelih untuk jadi kurban. Menurutnya, Hari Raya Idul Adha ini, pihaknya mengusung semangat untuk bergotong royong. Sehingga dalam pelaksanaannya pun, ia turut melibatkan seluruh PAC di setiap kecamatan. 

Baca Juga : Pembayaran Parkir Non Tunai QRIS di Kabupaten Blitar Masih Belum Menarik Minat Masyarakat

"Intinya bagaimana semangat berbagi untuk masyarakat dan tentu harus melibatkan internal. Kita harapkan moment ini jadi momentum untuk berbagi," jelas Made. 

Made mengatakan, sapi sebanyak 7 ekor yang didapat itu juga merupakan buah dari gotong royong internal PDI Perjuangan. Dari Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Malang, Provinsi Jawa Timur hingga di tingkat DPR-RI. 

"Kenapa pitu (bahasa jawa tujuh) adalah pitulungan, ke depan agar PDI Perjuangan semakin sukses terutama dalam Pilkada," jelas Made. 

Selain itu, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di hari kedua juga bukan tanpa alasan. Menurutnya, pada hari pertama Hari Raya Idul Adha, seluruh anggota PDI Perjuangan Kota Malang diminta untuk melebur ke masyarakat di wilayahnya masing-masing. 

"Kami ambil hari kedua, karena hari pertama fraksi diminta datang ke wilayah masing-masing. Hari pertama ada di tengah masyarakat," jelas Made. 

Proses pemotongan daging kurban di DPC PDI Perjuangan Kota Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Sebagai informasi, 7 ekor sapi tersebut nantinya akan dibagi ke dalam 2.500 paket daging kurban. Setiap paket, akan diisi 500 gram daging sapi. Sementara pendistribusiannya akan melibatkan seluruh unsur dari ranting PDI Perjuangan Kota Malang.

Sementara itu, kegiatan serupa juga digelar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang. Total ada sebanyak 19 ekor sapi, 21 ekor kambing dan 6 ekor domba yang disembelih untuk kurban. 

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko Purnomo mengatakan, kurban merupakan wujud keimanan umat kepada Allah SWT. Sehingga pada Hari Raya Idul Adha ini, pihaknya mengusung semangat untuk berbagi dan berkolaborasi. 

"Juga membantu meringankan beban hidup sesama anggota masyarakat yang sedang menghadapi kesulitan," jelas Ernanto.

Baca Juga : Diskominfo Jatim Bagikan Daging Kurban ke Warga Sekitar dan Kaum Dhuafa

Hal tersebut juga ia implementasikan kepada seluruh anggota PKS di Kota Malang. Dalam hal ini, dirinya berkomitmen untuk dapat terus berkontribusi dalam melayani masyarakat, di lingkungannya masing-masing. 

"Karena karakter dasar yang harus melekat kepada seorang pemimpin adalah melayani dan saat itu pula mampu mencetak generasi emas dan mumpuni untuk kemajuan bangsa," tutur Ernanto. 

Hal senada disampaikan oleh Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKS Lowokwaru, Hennu Avianta. Dalam moment Hari Raya Idul Adha ini pihaknya berkomitmen untuk berbagi kepada sesama. 

"Kami tebar semangat berkurban walaupun di tengah kondisi yang bermacam-macam, ada yang kekurangan kami berusaha untuk tetap berkurban," jelas Hennu. 

Hennu mengatakan, untuk DPC Lowokwaru, ada sebanyak 4 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang disembelih untuk kurban. Hewan kurban yang terkumpul tersebut akan dipotong untuk dikemas menjadi 1.000 paket.

"Per paket nya 400 gram, untuk penyalurannya akan dilakukan melalui setiap ranting. Dan ada sebanyak 12 ranting di Lowokwaru," pungkasnya.


Topik

Politik PKS PDI Perjuangan Kota Malang Daging Kurban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri