Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Jadikan Kegagalan sebagai Motivasi, Pesan Mantan Putri Pariwisata Indonesia Saat Ngobrol Bareng Gus Fawait

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : A Yahya

18 - Jun - 2024, 11:09

Placeholder
Gus Fawait bersama Putri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Chreseilla saat menjadi nara sumber dalam Pandhalungan Campus Expo 2024 (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Cresheilla, Senin (17/6/2024) datang ke Jember, untuk berbagi pengalaman dan juga motivasi kepada mereka yang gagal seleksi masuk PTN (SMPTN), di acara Pandhalungan Campus Expo 2024 di Lippo Mall Plaza Jember.

Dara Kelahiran Surabaya 29 Januari 1998 silam ini, memberikan motivasi dan juga tips bagaimana menghadapi sebuah kegagalan dalam setiap tujuan tidak sendirian, tapi juga ada H. Ahmad Fawait atau Gus Fawait yang juga anggota DPRD Propinsi Jatim.

Baca Juga : Bosan Makan Daging? Cobain Resep Indomie Garlic Butter by Chef Martin, Dijamin Nagih! 

Acara yang dikemas ngobrol santai ini, juga dihadiri oleh perwakilan Duta kampus se karisidenan Pandhalungan, seperti dari Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Dalam kesempatan tersebut, Adinda Cresheilla menyampaikan, bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, tapi kegagalan merupakan motivasi untuk meraih kesuksesan.

"Sama halnya dengan proses saya menjadi Putri Pariwisata, saya ikut kompetisi ini, sejak 2015, beberapa kali mengalami kegagalan, dan baru terpilih pada tahun 2022," ujar Adinda.

Adinda juga menceritakan, bagaimana saat fase kegagalan tersebut dialaminya, bukan pujian atau dorongan semangat yang didapat, tapi justru banyak cemoohan, tapi semua itu dilalui dengan konsekuensi menjadi diri sendiri.

"Kita harus bisa menjadi diri sendiri, karena saat menjadi diri sendiri, kita akan menemukan kenyamanan, selain itu, tanamkan mindset pada diri kita berani mencoba dan tidak takut gagal, daripada tidak mencoba sama sekali, ternasuk gagal masuk dalam SMPTN," jlentrehnya.

Sementara, Gus Fawait sendiri, dalam momen tersebut menyampaikan, bahwa pendidikan memang menjadi faktor penting dalam meraih kesuksesan, oleh karenanya, gagal masuk SMPTN, bukan akhir segalanya, terlebih banyak kampus swasta yang berkualitas di Jember.

"Di Jember, ada banyak kampus berkualitas, jadi tidak masuk ke perguruan tinggi negeri, masih bisa mencari ilmu di kampus lainnya, karena dengan pendidikan, kita bisa meraih kesuksesan," ujar pria yang juga digadang-gadang sebagai calon Bupati Jember dengan elektabilitas tertinggi tersebut.

Gus Fawait juga menyampaikan, bahwa dirinya yang hanya seorang anak petani, yang hidup jauh dari perkotaan, bisa sampai pada posisi saat ini, juga karena pendidikan.

Baca Juga : Arya Penangsang: Kisah Dendam dan Kehormatan di Bawah Bayang-Bayang Menara Kudus

Saat ditanya bagaimana dengan mereka yang memiliki keinginan sekolah sampai ke jenjang tertinggi, namun terkendala biaya? Gus Fawait menyampaikan, bahwa pihaknya jika nanti terpilih sebagai Bupati Jember, akan memberikan beasiswa mahasiswa.

"Pemerintah harus memberi beasiswa, dan ke depan, jika kami mendapat amanah itu (terpilih sebagai Bupati Jember), kami akan menyiapkan beasiswa untuk warga Jember, dimanapun tempat kuliahnya," ujar Gus Fawait.

Gus Fawait juga meyakini, bahwa angka kemiskinan di Jember yang saat ini berada di peringkat kedua se Jatim, juga disebabkan oleh tingginya angka pengangguran, dimana semua itu juga disebabkan jenjang pendidikan warganya.

Oleh karenanya, pihaknya perlu menuntaskan persoalan pendidikan di Jember, sebagai bagian dari menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045.

"Kita saat ini sedang mendapatkan bonus demografi sampai 2025, untuk menyongsong Indonesia Emas 2045, tapi kalau tidak disiapkan dengan baik, maka bonus demografi justru akan menjadi bencana demografi, oleh karenanya kami mengajak anak-anak muda sekarang, terutama yang baru lulus, untuk tidak berkecil hati tidak diterima di PTN, banyak kampus swasta yang berkualitas," pungkas Gus Fawait. (*)


Topik

Pendidikan Gus fawait Jember adinda cresheilla putri Indonesia pariwisata



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

A Yahya