Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Wali Kota Blitar Serahkan Bantuan Hewan Kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

18 - Jun - 2024, 10:51

Placeholder
Wali Kota Blitar Santoso didampingi Sekda Priyo S menyerahkan sapi hewan kurban kepada takmir Masjid Agung Kota Blitar.(Foto: Ist)

JATIMTIMES - Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd, bersama jajaran Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD melaksanakan sholat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Agung Kota Blitar, Senin pagi, 17 Juni 2024. Usai melaksanakan sholat berjamaah, Wali Kota menyerahkan bantuan berupa satu ekor sapi kepada takmir Masjid Agung Kota Blitar. Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kota Blitar dalam memaknai Hari Raya Iduladha sebagai momentum berbagi dan mempererat kepedulian sosial.

Dalam sambutannya, Wali Kota Santoso menekankan pentingnya meneladani semangat pengorbanan dan kepatuhan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. “Hari Raya Idul Adha ini menjadi pengingat bagi kita semua akan kegigihan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah. Kisah ini mengajarkan kita untuk senantiasa memupuk keimanan, ketaqwaan, dan saling peduli, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam tugas pemerintahan,” ujarnya.

Baca Juga : Ramai Sapi Menangis Saat Hendak Disembelih, Benarkah?

Lebih lanjut, Wali Kota Santoso menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Blitar pada tahun ini menyalurkan total 10 ekor hewan kurban. “Satu ekor sapi diserahkan ke Masjid Agung Kota Blitar, dan sembilan ekor kambing akan dibagikan ke beberapa masjid dan mushola di tiga kecamatan,” tambahnya. Distribusi ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas dan membawa berkah di hari yang suci ini.

Selain penyerahan hewan kurban, Pemerintah Kota Blitar juga mengusung kampanye ramah lingkungan dalam pengelolaan daging kurban. Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar mengimbau agar warga tidak menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus daging kurban. 

“Penggunaan kantong plastik, terutama yang berwarna hitam dan merupakan produk daur ulang, dapat menimbulkan risiko kesehatan dan meningkatkan volume sampah plastik," ungkap Penyuluh Lingkungan Hidup DLH Kota Blitar, Haryono. 

Sebagai alternatif, panitia kurban dianjurkan menggunakan wadah yang ramah lingkungan seperti besek bambu, daun talas, daun pisang, atau daun jati. Haryono menegaskan bahwa langkah ini adalah bagian dari kampanye gerakan Diet Plastik yang bertujuan mengurangi sampah plastik di Kota Blitar. “Kita berharap, dengan menggunakan pembungkus yang ramah lingkungan, kita tidak hanya merayakan Iduladha dengan penuh makna, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan kita,” jelasnya.

Di Masjid Agung Kota Blitar sendiri, pada perayaan Idul Adha tahun ini akan dilakukan penyembelihan empat ekor sapi dan lima ekor kambing. Dua ekor sapi berasal dari sumbangan Pemerintah Kota Blitar dan Pj. Gubernur Jawa Timur, sementara lima ekor kambing merupakan hasil iuran dari jamaah Masjid Agung. Takmir masjid, dalam pernyataannya, mengapresiasi kontribusi dari berbagai pihak dan berharap daging kurban yang dibagikan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga : UAH Beberkan Cara Agar Bisa Merasakan Nikmat dalam Salat

Dalam penutupnya, Wali Kota Santoso mengungkapkan harapannya agar Hari Raya Iduladha kali ini membawa berkah dan kesejahteraan bagi masyarakat Blitar. “Semoga momen Iduladha ini dapat memperkuat rasa persaudaraan dan mendukung upaya kita dalam pembangunan daerah. Mari kita maknai hari ini dengan semangat berbagi dan kepedulian,” pungkasnya.

Perayaan Idul Adha 1445 Hijriah di Kota Blitar berjalan dengan khidmat dan penuh semangat kebersamaan. Kehadiran Wali Kota Blitar dan jajaran pemerintah kota dalam kegiatan ini menegaskan komitmen untuk selalu dekat dengan masyarakat dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.


Topik

Pemerintahan Blitar Santoso hewan kurban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya