Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Antusias Dapatkan Daging Kurban, Antrean Panjang Terjadi di Masjid Agung An-Nuur Kota Batu

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

17 - Jun - 2024, 18:40

Placeholder
Warga antre panjang saat pengambilan bagian hewan kurban di Masjid Agung An-Nuur Kota Batu.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Antusiasme masyarakat utamanya warga sekitar Masjid Agung An-Nuur Kota Batu sangat tinggi pada Iduladha tahun ini. Antrean panjang mengular terjadi saat warga hendak mengambil bagian daging kurban, Senin (17/6/2024).

Antrean panjang tersebut terjadi saat pembagian dilakukan siang hari. Masyarakat yang sebelumnya mendapatkan kupon bisa menukarkan dengan daging serta bagian hewan kurban lain ke panitia masjid. Namun, sayangnya mereka terpaksa mengantre cukup lama lantaran datang hampir bersamaan dan belum semua bagian daging terkemas.

Baca Juga : Pj Wali Kota Malang Dukung Penggunaan Bahan Bakar Alternatif untuk Pengrajin Tempe Sanan

Hal ini menurut panitia dari Tamir Masjid Agung An-Nuur jarang terjadi. Terlebih, ketersediaan hewan kurban cukup banyak. Meski begitu panitia mengakui keterbatasan dalam penyelesaian pekerjaan penyembelihan dan pembagian hingga dikemasi dalam kantong.

"Biasanya tidak seperti ini, ini saja masih ada sapi yang belum disembelih dua lagi," ungkap H. Wakhid panitia pelaksana Iduladha Masjid Agung An-Nuur, Senin sore.

Menurut informasi, warga yang mengantre bisa menunggu hingga 30-45 menit. Sejak siang hingga sore hari, antrean panjang warga terus bertambah hingga mengular ke bagian halaman samping masjid.

Wakhid menyampaikan, jika setiap warga yang menukarkan kupon mendapatkan bagian sekitar 1 kilogram daging beserta bagian lain dalam satu kantong.

Sempat membuat panitia kewalahan, namun akhirnya bisa teratasi. Proses penyembelihan diselesaikan sekitar pukul 14.50. Dimana ada tiga ekor sapi yang disembelih pasca salat dhuhur.

"Alhamdulillah meski antre tetap tertib. Kita mulai sembelih sekitar jam 8 setelah salat id. Biasanya sampai selesai pembagian sekitar jam 4 atau jam 5 sore seperti tahun kemarin," jelas Wakhid.

Baca Juga : Bupati Sanusi Siapkan Rp 500 Juta untuk Perbaikan Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen

Menurut penjelasannya, Masjid Agung An-Nuur Kota Batu tahun ini menyembelih 10 sapi dan sekitar 7 ekor kambing. Warga penerima daging kurban diutamakan warga sekitar masjid, lalu masyarakat desa dan pengurus masjid serta tokoh masyarakat.

Dari kesepuluh sapi itu, kata Wakhid, juga terdapat sapi kurban sumbangan dari Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, dan Pj Gubernur Jawa Timur saat ini Adhy Karyono. Masjid tersebut tahun lalu juga diketahui mendapat kurban dari Gubernur Jawa Timur yang menjabat Khofifah Indar Parawansa.

Diperkirakan, lanjut Wakhid, lebih dari 1000 warga yang mendapatkan bagian daging kurban. Panitia berharap, semua proses penyembelihan hingga pembagian bisa dievaluasi agar tidak terjadi antrean panjang yang menyebabkan warga harus berdiri lama menunggu bagian.

"Mungkin yang dari penimbangan agak terlambat. Sampai selesai lebih sore. Semoga kedepannya lebih baik," tutup Wakhid.


Topik

Peristiwa Kota Batu daging kurban Masjid Agung An Nuur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri