Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Adik Prabowo Sebut Pengusul Debat Pilpres Gunakan Bahasa Inggris dan Arab "Goblok"

Penulis : Pipit Anggraeni - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Sep - 2018, 13:00

Adik bakal calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Sujono Djojohadikusumo. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)
Adik bakal calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Sujono Djojohadikusumo. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Adik bakal calon presiden Prabowo Subianto, Hashim Sujono Djojohadikusumo, menyebut pengusul debat pilpres dengan menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Arab sebagai orang "goblok". 

Pernyataan tersebut disampaikan pria terkaya ke-37 di Indonesia itu usai menjadi pemateri di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) Malang, Kamis (20/9/2018). "Debat pilpres gunakan bahasa asing, saya nggak setuju. Yang usul goblok itu," katanya kepada wartawan dengan mimik wajah kecewa.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Menurut Hashim, debat pilpres harus tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meski pada kenyataannya saat ini bahasa Inggris memang menjadi bahasa global yang banyak digunakan, dia tetap menentang keinginan debat harus memakai bahasa Inggris maupun bahasa Arab.

"Gunakan saja bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan gunakan bahasa alai di twitter dan lain sebagainya," imbuhnya.

Lebih jauh Hashim menyampaikan jika kemampuan bahasa asing memang harus dikuasai oleh generasi penerus. Bahasa Inggris salah satunya, yang sampai hari ini masih digunakan sebagai bahasa internasional.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

"Karena pengguna bahasa ini dulu menang dalam perang dunia II, maka mereka dominan. Sekarang China (Tiongkok) sebagai negara adikuasa. Kalau bisa, kita juga harus belajar bahasa Mandarin," ungkapnya. (*)


Topik

Politik Adik-Prabowo Debat-Pilpres-Gunakan-Bahasa-Inggris-dan-Arab Hashim-Sujono-Djojohadikusumo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Pipit Anggraeni

Editor

Sri Kurnia Mahiruni