Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Gaya Hidup

Beruntusan dan Jerawat Kerap Muncul Saat Berponi, Begini Penjelasannya

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Jun - 2024, 16:36

Placeholder
Shin Min Ah saat berponi. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Pemilihan rambut berponi bagi kaum hawa bukan tanpa alasan, biasanya ingin menutupi dahi yang lebar. Siapa yang menyangka niatnya menutupi dahi, tapi bagi sebagian orang menyebabkan masalah jerawatan atau bruntusan di dahi. Tapi apakah benar berponi bisa menimbulkan jerawatan atau beruntusan?

Permasalahan yang kerap dialami bagi mereka yang berponi diulas langsung Dokter estetika dr. Kamila Jaidi di sosial medianya dan youtubenya. Dokter Kamila mengatakan, rambut berponi bisa membuat beruntusan pada dahi.

Baca Juga : Pamit Jalan-Jalan Tak Kunjung Pulang, Warga Pesanggrahan Batu Dikabarkan Hilang

“Banyak yang tanya, berponi bikin beruntusan di dahi gak sih dok? Sebenarnya poni bikin beruntusan apa tidak itu ada alurnya,” ungkap dokter Kamila dikutip, Sabtu (15/6/2024).

Rambut berponi akan menjadi tempat untuk bersarangnya kelenjar minyak yang dihasilkan oleh rambut. Karena kulit kepala sama halnya dengan kulit wajah yang memiliki kelenjar minyak fungsinya memproduksi minyak. 

Hasil dari produksi minyak pada kulit kepala untuk menghidrasi agar tidak mudah patah dan kering. Nah, ketika kebiasaan menyentuh atau merapikan poni dengan tangan justru meningkatkan risiko jerawat di kulit dahi. 

Sebab, bakteri di tangan bisa berpindah ke rambut poni, lalu menempel di kulit, dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. Selain itu produksi minyak itu akan menumpuk pada dahi.

“Ini nih yang akhirnya membuat kelenjar produksi minyak jadi mampet, ditambah tangan kotor ada kuman atau bakterinya, kurang double cleansing jadi gak bersih itu yang bikin jerawat,” terang dokter Kamila. 

Baca Juga : Bocoran Serial Joko Anwar's Nightmares and Daydreams, Bikin Penasaran

Agar tidak terjadi beruntusan atau jerawat pada dahi lebih baiknya, gunting rambut poni jika sudah terlalu panjang dan tebal. Agar poni tidak terlalu menempel ke area dahi dan jerawat bisa dihindari.

Jika belum sempat menggunting rambut, kalian bisa menjepit poni atau menggunakan bando untuk membiarkan dahi bernapas sementara waktu. Serta menjaga kebersihan rambut.


Topik

Gaya Hidup Poni kulit sehat jerawat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni