A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_session3mrcom269i3l76kr852tnqc0ju6ktjul): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Launching BUNDA SALUD: Komitmen Bupati Blitar dalam Melindungi Anak di Jalan Raya - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Launching BUNDA SALUD: Komitmen Bupati Blitar dalam Melindungi Anak di Jalan Raya

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jun - 2024, 14:22

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah launching program Bunda SALUD.(Foto: Pemkab Blitar)

JATIMTIMES– Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) dan HUT ke-74 Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Pemerintah Kabupaten Blitar meluncurkan program inovatif BUNDA SALUD (Bupati Lindungi Anak melalui Usia Dini).

Acara yang diadakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kanigoro pada Jumat, 14 Juni 2024, ini merupakan langkah serius Kabupaten Blitar dalam upayanya meningkatkan keselamatan anak-anak di jalan raya.

Baca Juga : Kasus Kekerasan Anak yang Tewaskan Pelajar SMPN 2 Kota Batu Masuki Tahap II

Bupati Blitar, Hj. Rini Syarifah, dalam sambutannya menjelaskan bahwa program BUNDA SALUD dirancang untuk mengenalkan anak-anak pada pentingnya keselamatan lalu lintas sejak usia dini. 

"Dengan memahami aturan dan keselamatan di jalan, kita berharap anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang tanpa ancaman kecelakaan lalu lintas," kata Hj. Rini Syarifah, yang akrab disapa Mak Rini.

Program BUNDA SALUD tidak hanya fokus pada pengajaran teori keselamatan lalu lintas, tetapi juga mencakup kegiatan praktis yang membantu anak-anak memahami dan menerapkan aturan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari. 

Bupati Blitar menegaskan bahwa pendidikan karakter merupakan pondasi penting bagi generasi muda. “Anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang harus kita lindungi dan bimbing dengan penuh kasih sayang,” ujarnya.

Mak Rini menambahkan bahwa pendidikan karakter ini melibatkan pengenalan budaya antre, sopan santun, disiplin waktu, akhlak dasar, dan rasa saling mengasihi serta kebiasaan berbagi dengan sesama. "Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki generasi penerus dengan karakter positif," tegasnya.

Kabupaten Blitar telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas hidup anak-anaknya. Pada tahun 2023, Kabupaten Blitar meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia. Penghargaan ini adalah bukti nyata dari upaya kolektif untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi anak-anak.

“Dengan hadirnya BUNDA SALUD, kita semakin meneguhkan komitmen untuk memberikan penghidupan dan perlindungan yang layak bagi anak-anak kita,” lanjut Mak Rini. Ia juga menekankan pentingnya peran semua pihak, termasuk guru dan orang tua, dalam mewujudkan program ini.

Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar telah mengambil peran aktif dalam kampanye keselamatan lalu lintas di sekolah-sekolah. Mereka menyelenggarakan pelatihan untuk guru dan orang tua tentang cara mengajarkan keselamatan jalan raya kepada anak-anak, serta memastikan tersedianya infrastruktur yang aman bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda. 

“Keselamatan anak-anak di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Kita harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi mereka,” jelas Bupati Blitar.

Selain peluncuran program BUNDA SALUD, acara tersebut juga menjadi momen untuk merayakan HUT ke-74 IGTKI. Mak Rini menyampaikan apresiasi dan rasa hormatnya kepada para pengurus dan anggota IGTKI yang telah berdedikasi dalam mendidik anak-anak usia dini. 

Baca Juga : DPP PKB Reschedule UKK, Arif Kurniawan Batal Ikut Seleksi Calon Wakil Bupati Blitar?

“IGTKI memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak-anak kita. Saya berharap mereka terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan,” katanya.

Dalam pidatonya, Mak Rini juga mengingatkan para orang tua untuk selalu menjalin komunikasi dengan guru dan memantau perkembangan anak-anak mereka. Ia menekankan pentingnya membatasi penggunaan gadget dan menggantinya dengan kegiatan yang positif. 

"Persiapkan anak-anak sedini mungkin untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," sarannya.

Untuk anak-anak, Mak Rini memberikan semangat dan dorongan agar selalu rajin belajar, beribadah, dan mendengarkan nasehat orang tua dan guru. "Kalian adalah harapan masa depan. Jadilah pribadi yang bijak dan berkualitas untuk Indonesia yang lebih baik," tutupnya.

Dengan program BUNDA SALUD dan komitmen yang kuat dari pemerintah serta masyarakat, Kabupaten Blitar berharap dapat mencetak generasi penerus yang tidak hanya berkarakter positif tetapi juga sadar akan pentingnya keselamatan dan perlindungan diri. 

Program ini diharapkan menjadi langkah awal menuju terciptanya Indonesia Emas, di mana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan aman dan penuh potensi.

Melalui peluncuran BUNDA SALUD dan dedikasi yang terus menerus, Kabupaten Blitar menunjukkan komitmennya untuk melindungi dan mendidik generasi muda yang akan membangun masa depan bangsa.


Topik

Pemerintahan Pemkab Blitar Kabupaten Blitar bupati mak rini bunda salud



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni