Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Unisma Jadi Tuan Rumah Cabor Karate Gelaran Asean University Games 2024

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

14 - Jun - 2024, 14:04

Placeholder
Unisma menjadi tuan rumah Asean University Games (AUG) 2024 untuk cabang olahraga karate (ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi salah satu tuan rumah dalam gelaran Asean University Games (AUG) 2024. Unisma menjadi venue dari salah satu dari 19 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, yakni Cabor Karate.

Untuk diketahui, bahwa event bergengsi ini merupakan ajang kompetisi olahraga untuk para atlet mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di negara anggota ASEAN.

Baca Juga : DPP PKB Reschedule UKK, Arif Kurniawan Batal Ikut Seleksi Calon Wakil Bupati Blitar?

Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri MSi, mengatakan, bahwa terpilihnya Unisma menjadi tuan rumah dalam ajang bergengsi ini, tentunya dilatari atas berbagai keunggulan Unisma, baik itu sumberdaya manusia maupun sarana dan prasarana yang ada. 

Fasilitas yang dimiliki Unisma, memiliki standar internasional, dimana Unisma memiliki gedung bundar dengan kapasitas 7000 ribu orang. Selain itu, Unisma juga memiliki jejaring internasional yang luas, baik di Eropa, Timur Tengah maupun Asia. Sehingga, hal ini menjadi salah satu pertimbangan Unisma dipilih menjadi tuan rumah. 

Lebih dari itu, para mahasiswa Unisma, juga telah banyak melakukan kegiatan atau event internasional, seperti transfer credit, lecture exchange, pembelajaran hybrid. Unisma juga memiliki banyak mahasiswa asing dari berbagai negara dengan total lebih dari 500 mahasiswa. 

"Artinya Unisma telah terbiasa dengan berbagai kegiatan internasional. Ini menjadi kepercayaan pantia AUG menunjuk Unisma sebagai venue event internasional ini," tutur Maskuri, Jumat (13/6/2024).

Lebih lanjut dijelaskan Maskuri, bahwa Unisma nantinya juga berkolaborasi dengan PB Forki dalam penyelenggaraan pertandingan Cabor Karate dengan 17 nomor pertandingan yang diikuti oleh 81 atlet, 20 Official, 11 Internasional Technical Official.

"Total 112 kontingen dari 7 negara. Pelaksanaan pertandingan cabor karate tanggal 3-6 Juli 2024," tambahnya.

Ketua Panitia Lokal AUG 2024 Unisma, Hasan Zayadi, menambahkan, berbagai persiapan telah dilakukan Unisma jelang AUG ini. Dari survey lokasi oleh panitia pusat AUG 2024, fasilitas yang ada di Unisma sudah layak menjadi tuan rumah.

"Venue Unisma telah disurvei dan dinyatakan layak khususnya dalam cabang karate. Hanya persiapan penambahan-penambahan kecil, untuk arena pertandingan tak banyak," jelasnya.

Baca Juga : Kisah Inspiratif Ibu di Surabaya: Ubah Pola Asuh, Selamatkan Anak dari Speech Delay Berkat SOTH

Dalam kepanitiaan, Unisma nantinya akan melibatkan banyak pihak, termasuk juga mahasiswa yang nantinya juga terlibat dalam panitia lokal menjadi petugas teknis lapangan, medis dan beberapa hal lainnya.

"Banyak UKM yang dilibatkan, Menwa, UKM olahraga, kewirausahaan, mahasiswa asing juga akan dilibatkan untuk memberikan arahan pada peserta yang berasal dari negara yang sama dengannya," jelasnya.

Sementara itu, AUG diselenggarakan mulai 25 Juni hingga 7 Juli 2024. Opening Ceremony akan digelar pada 25 Juli 2024 di Graha UNESA Surabaya. Penyelenggaraan AUG 2024 akan terlaksana di dua kota, yakni Malang dan Surabaya.

Kemudian dilanjutkan dengan masa kompetisi mulai 26 Juni 2024. Dan kompetisi akan berakhir pada 6 Juli 2024, yang langsung ditutup dengan closing ceremony di Universitas Negeri Malang.

Sembilan universitas di Surabaya dan Malang serta KONI Jatim ditunjuk sebagai venue penyelenggaraan AUG 2024. Venue tersebut digunakan untuk 19 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Sebanyak 4.000 atlet dan official dikabarkan berpartisipasi dalam AUG 2024. Ribuan peserta itu berasal dari 11 negara anggota ASEAN University Sport Council (AUSC), antara lain Indonesia sebagai tuan rumah, Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, dan Timor Leste.


Topik

Pendidikan Unisma universitas islam malang Asean University Games AUG 2024



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni