Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Belajar dari Mobil yang Ringsek Tertimpa Kontainer, Ini Tips Mengemudi Saat Ketemu Kendaraan Besar

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Jun - 2024, 11:46

Placeholder
Mobil Hyundai putih yang tertimpa kontainer di Jalan Kamal Kapuk Muara Penjaringan. (Foto dari video yang beredar di WhatsApp)

JATIMTIMES - Kasus kecelakaan yang melibatkan sebuah mobil Hyundai dan kontainer berwarna merah rupanya cukup menyita perhatian publik. Pasalnya, mobil Hyundai putih itu mengalami ringsek yang cukup parah akibat tertimpa kontainer itu. 

Diketahui jika peristiwa kecelakaan itu terjadi pada Kamis (13/6/2024) pukul 11.00 WIB di Jalan Kamal Muara Raya, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Baca Juga : Kisah Pengikut Nabi Isa dan 3 Potong Roti, Akhir dari Ketidakjujuran dan Keserakahan

Meski tidak memakan korban, namun kecelakaan tersebut viral di media sosial X. Hal itu terjadi sebab netizen banyak yang menyoroti pengendara dari mobil Hyundai yang selamat dan bisa berkomunikasi meski terjepit di dalam mobil. 

"ya Allah bersyukur banget masih selamat pengemudinya, Alhamdulilah serem banget," Cuit @kunwara*** sambil membagikan foto kecelakaan tersebut. 

"Liat videonya abangnya masih bisa ngomong dan diajak komunikasi, pasti lemes bgt," Sambung @beda****.

Belajar dari kecelakaan tersebut, mengetahui cara mengemudi yang aman saat berpapasan dengan kontainer atau kendaraan besar lainnya sangatlah penting. 

Oleh karena itu, berikut ini tim JatimTimes sudah merangkumkan dari berbagai sumber mengenai cara aman berkendara saat bertemu kendaraan besar:

Jaga Jarak Aman

Hal pertama yang perlu sobat JatimTimes ketahui dan terapkan ketika ada truk atau kendaraan besar dekat mobil saat jalan adalah menjaga jarak aman. Jika Anda di belakangnya, jangan beri space terlalu dekat.

Beri ruang berjarak 2 sampai 3 mobil dengan truk kontainer atau kendaraan besar di depan. Adanya jarak aman berguna untuk memberikan ruang pengereman atau menghindar jika terjadi manuver dan kondisi berbahaya. Terlebih pada kendaraan seperti truk kontainer memiliki jarak pengereman yang tidak seperti mobil pribadi.

Berada di Sebelah Kanan Kendaraan

Jika bersebelahan, pastikan Anda berada di sisi kanannya, karena truk tersebut seharusnya berkecepatan rata-rata lebih rendah dari pada mobil pribadi lainnya. 

Jangan Mendahului Dari Sisi Kiri

Baca Juga : Umat Muslim Wajib Tahu! 8 Hal ini Dilarang Saat Bulan Dzulhijjah

Selanjutnya adalah jangan pernah mendahului dari sisi kiri. Sebab kendaraan besar tersebut akan sangat sulit memantau posisi mobil yang lebih kecil yang mendahului dari sisi kirinya.

Hal ini akan sangat berbahaya. Mendahului kendaraan besar dari kiri berpotensi tabrakan samping dan tabrakan beruntun. Terlebih jalur kiri yang digunakan adalah bahu jalan, hal itu tidak diperbolehkan.

Jika hendak mendahului, pastikan gunakan dari sisi kanan kendaraan tersebut. Beri tanda sein, lampu atau klakson agar pengemudi kendaraan besar tahu keberadaan Anda yang hendak mendahului. 

Pastikan Marka Jalan dan Kondisi Jalan

Namun sebelum mendahului, pastikan pula marka jalan dan kondisi memungkinkan untuk manuver. Bila marka jalan tidak putus-putus artinya Anda tidak diperkenankan mendahului sampai ada marka putus.

Pastikan pula kondisi kendaraan dari arah berlawanan atau arah belakang dalam kondisi aman untuk mendahului. Jika memang ada rambu larangan untuk mendahului maka patuhi selalu. Sebab mendahului truk kontainer tak seperti mendahului kendaraan kecil. Anda perlu akselerasi yang baik karena dimensi kendaraan tersebut tergolong panjang. 


Topik

Serba Serbi Hyundai kontainer kendaraan besar tips mengemudi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri