Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Sambut Tim Penilai Lapang, Pj Wali Kota Malang Optimis Kelurahan Gadang Sabet Juara Lomdeskel 2024 Tingkat Provinsi

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Nurlayla Ratri

13 - Jun - 2024, 22:19

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat saat menyambut tim juri lapang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Jatim. (Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang berhasil maju tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) 2024 tingkat Provinsi Jatim. Kedatangan tim juri provinsi yang akan melakukan penilaian lapang disambut Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dan jajaran Pemkot Malang, Kamis (13/6/2024).

Sebelumnya di tingkat kota, Kelurahan Gadang berhasil menyisihkan Kelurahan Kiduldalem dan Mojolangu. Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat optimis Kelurahan Gadang mampu berprestasi dalam lomba kelurahan dan menyabet gelar juara tingkat provinsi.

Baca Juga : Puguh Wiji Pamungkas Banjir Dukungan Jadi Bupati Malang, Warga Pasang Baliho Sukarela

"Kota Malang diwakili Kelurahan Gadang, masuk tiga besar merupakan suatu perjuangan yang luar biasa, masyarakat bahu-membahu memberikan yang terbaik untuk memenuhi kriteria yang disyaratkan. Suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami," ujar Wahyu, usai penyambutan tim juri di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Kamis malam (13/6/2024).

.

Dikatakan Wahyu, dengan kolaborasi Pemkot Malang, kecamatan, dan kelurahan serta segenap masyarakat Gadang akan mampu menunjukkan yang terbaik. Di sisi lain, dukungan infrastruktur yang berkualitas juga berperan penting untuk kelangsungan pengembangan kelurahan yang inovatif dan berkarakter.

Untuk diketahui, Kelurahan Gadang Kota Malang di tiga besar bersaing dengan Kelurahan Surodinawan Kota Mojokerto dan Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya. Tiga kelurahan tersebut kini dalam tahap penilaian lapang oleh tim juri untuk dilakukan penentuan juara tingkat provinsi.

.

Penjurian lapangan dibutuhkan untuk melihat kesesuaian antara materi paparan yang sudah dilakukan dengan kondisi di lapangan. Ada yang menemukan sesuai dengan paparannya dan juga sebaliknya.

"Sampai saat ini kami optimis dengan Kelurahan Gadang karena proses yang dilakukan bersinergi antar OPD, keseriusan pemerintah kelurahan dan kekompakan masyarakat," katanya. 

Wahyu sendiri yakin penilaian akan memberikan hasil positif, terlebih dengan inovasi dari kelurahan yang berdampak. 

Baca Juga : Jelang Iduladha, Unisma Gelar Bimtek Manajemen Qurban

"Salah satu inovasinya Kampung Aksara, dan masih ada 11 inovasi lain yang jadi suatu penilaian penting. Kita berdoa bersama agar mendapatkan apresiasi yang terbaik. Ini juga merupakan ajang pembuktian kelurahan dan Pemkot Malang sebagai upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat," tuturnya.

.

Ketua tim juri lapang Budi Sarwoto menyampaikan, jika selama penilaian administrasi dan presentasi, perwakilan Kota Malang menunjukkan jika Gadang layak lolos tiga besar Provinsi. Ia menyebut, penilaian dilakukan besok, Jumat (14/6/2024), dengan melihat dan mengevaluasi tiga hal utama. Yakni tata kelola pemerintahan, inovasi dan peningkatan pelayanan masyarakat.

"Akan kita lihat, banyak inovasi yang dilakukan kita harapkan sesuai dengan yang dipresentasikan, termasuk peningkatan pelayanan. Sebelumnya kami juga melakukan penilaian lapang di Surabaya, dan Mojokerto," ungkap Budi.


Topik

Pemerintahan Kota Malang Wahyu Hidayat Kelurahan Gadang Lomdeskel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Nurlayla Ratri