Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Ini Temuan Pj Bupati Jombang saat Cek Kesehatan Hewan Kurban di Pedagang

Penulis : Adi Rosul - Editor : Yunan Helmy

13 - Jun - 2024, 17:54

Placeholder
Pj bupati Jombang memberikan surat keterangan ke pedagang hewan kurban. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Pj Bupati Jombang Sugiat mengecek langsung hewan kurban ke pedagang menjelang Hari Raya Idul Adha 2024. Dari pantauannya, ditemukan seluruh hewan kurban dalam kondisi sehat dan siap untuk disembelih.

Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Pj bupati Jombang kali ini menyasar pedagang hewan kurban di Desa Denanyar, Kecamatan Jombang, Kamis (13/06/2024). Ia didampingi Kadis Peternakan Jombang Agus Susilo Sugioto.

Baca Juga : Bisa Promosikan Vila hingga Transaksi Booking, Silahoms Disebut Bakal Jadi Fitur Baru Aplikasi Among Batu

Sesampainya di lokasi, tim sidak hewan kurban yang dibawa Sugiat ini langsung mengecek satu per satu hewan kurban. Mulai dari sapi, kambing dan domba semuanya dicek kesehatannya. Setelah dinyatakan sehat, pemilik usaha hewan kurban diberi surat sehat dari Dinas Peternakan Jombang.

"Hari ini kami lakukan pengecekan ke penjual hewan kurban.  Alhamdullilah untuk penyakit mulut kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD) zero kasus," kata Sugiat kepada wartawan di lokasi.

Dikatakan Sugiat, penyebaran penyakit hewan di Jombang cukup terkendali. Ia memastikan hewan kurban yang ada di Kota Santri bebas penyakit dan layak untuk disembelih saat Hari Raya Idul Adha mendatang.

Menurut Pj bupati, Dinas Peternakan sudah melakukan vaksin dan karantina terhadap semua hewan kurban yang masuk ke Jombang. Tidak hanya itu. pihak Dinas Peternakan juga sudah mengunjungi 189 peternak di Jombang untuk memastikan hewan ternaknya dalam kondisi sehat.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan dan PT SRC Perkuat Sinergi, Tingkatkan Perlindungan Sosial bagi Pekerja Toko di Banyuwangi

"Jadi, kita kontrol betul. Kita tidak bisa melarang. Sebelum masuk, hewan itu dikarantina dan diberi vaksin terlebih dulu. Kegiatan ini dilakukan supaya masyarakat dalam menjalankan Idul Adha berjalan lancar," pungkasnya.


Topik

Advertorial Pj Bupati Jombang Sugiat Jombang hewan kurban sidak hewan kurban



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Yunan Helmy