Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Advertorial

Cara Membersihkan Kotak Makan yang Benar agar Tidak Bau

Penulis : - Editor : Redaksi

13 - Jun - 2024, 16:13

Placeholder

Harga bahan pokok semakin naik usai Lebaran 2024 membuat masyarakat harus bisa berhemat salah satu dengan membawa bekal ke sekolah atau kantor. Namun jangan sampai lupa untuk membersihkan kotak makan agar tetap higienis bebas bau. Cara membersihkan kotak makan tidak cukup hanya dicuci saja.  

Setidaknya setelah beberapa kali digunakan kotak makan harus dibersihkan dengan bahan tambahan seperti baking soda, cuka bahkan air hangat. Bagaimana cara membersihkannya dengan tepat? Simak cara-cara efektifnya.  

Cara Membersihkan Kotak Makan yang Benar agar Tidak Bau

Baca Juga : 7 Rekomendasi Kotak Makan untuk Bekal ke Kantor dan Anak Sekolah

 

Selain memperhatikan cara membersihkannya, penting pula untuk membeli kotak makan dengan bahan yang berkualitas. Seperti yang tersedia di Blibli, beragam kotak makan dari bahan plastik BPA Free yang aman untuk makanan bisa langsung didapatkan. Harga dan ukurannya pun beragam yang bisa disesuaikan kebutuhan.  

Sudah membeli kotak makan yang berkualitas sayang sekali jika tidak diimbangi dengan cara membersihkan yang tepat. Berikut ini cara mudah yang bisa diikuti agar kotak makan tidak bau lagi saat digunakan kembali dan tetap bersih.  

1. Mencuci dengan Sabun dan Air Hangat  

Segera setelah digunakan atau sesampainya di rumah bersihkan kotak makan dari sisa makanan yang mungkin saja tersisa. Setelah itu tuang air hangat atau  air panas kemudian tambahkan sabun cuci piring.  

Aduk agar berbusa dan diamkan selama beberapa menit. Noda dan bekas makanan akan terangkat dan air pun akan menjadi keruh. Baru setelah itu bilas dengan air, cek apakah masih berbau, jika masih ulangi langkah ini dan keringkan kotak makan.  

2. Merendam dengan Baking Soda  

Baking soda kerap digunakan untuk membersihkan kerak pada perlengkapan makanan sekaligus bau di kotak makan plastik. Caranya, cukup campurkan baking soda dengan air sampai berbentuk pasta. Oleskan pada kotak makan yang sudah dibilas dan diamkan 30 menit.  

Cuci kotak makan dengan sabun dan cium apakah baunya sudah hilang. Jika sudah keringkan kotak makan agar tetap bebas bau dan kering.  

3. Merendam dengan Cuka Dapur  

Baca Juga : 6 Cara Pilih Kotak Makan untuk Anak yang Awet dan Muat Banyak

 

Selain baking soda alternatif bahan di rumah yang ampuh menghilangkan bau adalah cuka dapur. Pertama-tama bilas kotak makan dengan air mengalir. Campurkan cuka dengan air perbandingan 1:1.  

Rendam kotak makan dengan larutan cuka selama satu hingga dua jam. Cuci kotak makan dengan sabun maka bau dan noda kerak di kotak makan akan langsung hilang.  

4. Membersihkan dengan Perasan Jeruk Nipis  

Ketika sabun cuci piring tidak cukup menghilangkan bau tidak sedap, tambahan perasan jeruk nipis akan sangat efektif. Caranya, tuangkan sedikit sabun cuci piring ke permukaan spons. Tambahkan perasan air jeruk nipis sesudahnya.  

Cuci kotak makan yang sudah dibilas dengan air dengan spons tadi. Gosok permukaan kotak makan sampai permukaannya berbusa. Bilas kembali dan bau akan hilang, permukaan kotak makan juga akan kesat bebas minyak.  

Sebelum mulai mencuci kotak makan pastikan untuk bagian-bagian bongkar pasang untuk dilepaskan. Seperti pada bagian karet tutup kotak makan agar dapat dicuci dengan lebih baik secara terpisah menggunakan sikat.  

Cara membersihkan kotak makan agar bebas bau bukanlah hal yang sulit sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan begitu kotak makan tidak hanya bebas bau namun juga bekas makanan yang tersisa.  

Harapannya semua orang bisa mengonsumsi makanan yang sehat dalam bentuk bekal selagi Blibli menyediakan berbagai macam kotak makan berkualitas. Lengkapi perlengkapan makan Anda dengan kotak makan untuk memudahkan membawa bekal ke mana saja. 


Topik

Advertorial Kotak Makan Bekal ke Kantor Yooyee Grid EARISE Monbento blibli



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Editor

Redaksi