Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Lewat Buku, Mahasiswa PLB Unesa Bersama UPTD ABK Sidoarjo Tingkatkan Kemampuan Artikulasi Konsonan

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Jun - 2024, 14:57

Placeholder
Salah satu anak disabilitas UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo saat diberikan latihan bunyi konsonan menggunakan buku panduan artikulasi latihan konsonan.

JATIMTIMES – Artikulasi merupakan pengucapan bunyi bahasa yang polanya menggunakan gerakan otot mulut saat berbicara. Termasuk saat mengucapkan huruf vokal 'a,i, u, e, o' dan pola-pola bunyian lainnya. 

Untuk menghasilkan bunyi konsonan seperti huruf /m/, lidah menyentuh langit-langit mulut. Posisi lidah yang tepat sangat penting untuk artikulasi yang jelas dan mudah dipahami.

Baca Juga : Kecelakaan Bus Study Tour Terjadi Lagi, Kini Menimpa SMK Purworejo di Tol Semarang, 3 Orang Luka

Adapun Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa (PLB) Unesa berkolaborasi dengan Unit Pelayanan Terpadu Daerah Anak Berkebutuhan Khusus (UPTD ABK) memberikan sarana latihan anak disabilitas sensorik rungu melalui buku panduan artikulasi latihan konsonan.

“Salah satu sarana mengembangkan komunikasi adalah dengan mengenalkan cara pengucapan huruf dengan baik. Dengan hal itu anak dengan disabilitas sensorik rungu akan mampu mengembangkan mengembangkan komunikasi dengan dasar komunikasi yang benar melalui penggunaan serta pengucapan huruf yang benar," jelas Kencana Nanda, salah satu mahasiswa PLB Unesa, saat ditemui di lokasi pada Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, bina bicara merupakan sarana latihan anak disabilitas sensorik rungu agar dapat berbicara sehingga mampu berkomunikasi dengan baik dan benar. Tak hanya itu, memberikan bina bicara sedini mungkin pada anak disabilitas sensorik rungu dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan bicara yang bisa diterima lingkungannya.

Dalam memberikan sarana latihan berupa buku panduan, tampak 10 mahasiswa PLB Unesa semester 6 ini saling berinteraksi dengan beberapa anak Disabilitas Sensorik Rungu Usia Dini & Anak dengan Fase Intervensi Dini di UPTD ABK Sidoarjo secara personal.

Selain buku panduan ini bertujuan menyediakan sumber daya praktis dan terstruktur bagi individu yang ingin meningkatkan kemampuan artikulasi konsonan mereka. Buku panduan ini menyajikan serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk membantu pembaca dalam mengatasi kesulitan dalam pengucapan konsonan secara tepat dan jelas terutama anak-anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga : Fasilitasi Para Pekerja Lanjutkan Studi, FIP UM Segera Buka Progam RPL

“Buku panduan ini mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan artikulasi konsonan, mulai dari pemahaman dasar tentang jenis-jenis konsonan hingga teknik-teknik latihan yang efektif. Setiap bagian didesain dengan tujuan memberikan panduan yang komprehensif dan mudah dipahami bagi pembaca, termasuk ilustrasi yang mendukung, contoh-contoh pengucapan, dan latihan-latihan yang dapat langsung dipraktikkan” imbuhnya.

Kepala UPTD ABK Kabupaten Sidoarjo, Nishrina Khamida, M.Psi., Psikolog sangat mengapresiasi adanya kolaborasi dengan para mahasiswa PLB Unesa dalam memperkenalkan buku panduan artikulasi latihan konsonan dalam mempermudah proses pelayanan serta belajar anak– anak disabilitas.

“Kedatangan mahasiswa Unesa ini sangat membantu sekali seperti membuat media pembelajaran untuk anak– anak. Harapannya karena ada ratusan anak– anak disabilitas disini baik tuna rungu, terapis atau pendampingan dengan kebutuhan khusus lain program ini bisa membantu dan saling share ilmu kedepannya,” ungkapnya.


Topik

Pendidikan Pendidikan Luar Biasa unesa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni