A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionu3k27g8nrnmc7hdh4jg0eb33nk1lgvs6): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Kota Batu Malah Menurun - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Jelang Idul Adha, Penjualan Hewan Kurban di Kota Batu Malah Menurun

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Jun - 2024, 14:36

Placeholder
Kabul, penjual hewan kurban kambing di Jaoan Sultan Agung Kota Batu. (Foto: Prasetyo Lanang/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kurang dari sepekan umat muslim merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Pedagang hewan kurban di Kota Batu masih belum menunjukkan kenaikan penjualan. Bahkan cenderung menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal ini seperti yang dirasakan Kabul, pedagang kambing di Jalan Sultan Agung Kota Batu. Sejak sepekan jelang hari raya, penjualannya cenderung masih stagnan. Satu sampai dua ekor laku terjual dalam sehari, kadang juga tak terjual sama sekali.

Baca Juga : Lima Anggota KPU Kota Batu Terpilih Dilantik Hari Ini, Dua Nama Berganti Wajah Baru

Seminggu kurang sebelum hari raya kurban ini untuk penjualan biasa saja. Per hari laku 2-3 ekor. Dari pertama buka di sini habis hanya 45 ekor," jelas Kabul saat ditemui, Kamis (13/6/2024).

Padahal, ia sudah berjualan selama 25 hari dengan stok awal kambing yang siap jual berjumlah 114 ekor. Angka penjualan ini tak sebanding dengan tahun sebelumnya. Dimana sebanyak 136 ekor kambing laku terjual.

Ia juga kurang memahami apa yang menjadi faktor turunnya angka pembelian kambing sejauh ini. Meskipun, dalam kondisi sekarang harga kambing diakuinya mengalami kenaikan. Namun, menurut dia kenaikan yang terjadi masih batas wajar.

"Kalau tahun ini tergolong sepi. Kalau harga memang naik, wajar. Dari tahun kemarin juga naik rata-rata paling rendah Rp 3 juta unruk jenis Kambing jawa, paling mahal Rp 10 juta jenis silangan etawa," rincinya.

Meski cenderung turun, ia optimis akan tetap banyak pembeli. Ia meyakini biasanya akan banyak berdatangan pembeli sejak tiga hari mendekati hari raya.

Mengenai kondisi kambing yang dijual, Kabul memastikan telah sehat seluruhnya. Apalagi untuk kurban, sejumlah syarat dari Pemkot Batu telah dipenuhi, serta telah mendapatkan tag layak kurban dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu.

Baca Juga : Wali Kota Eri Maafkan dan Bebaskan 11 Anak Pelaku Kericuhan Suporter di Suramadu

"Sudah sehat semua, untuk saat ini ada bantuan obat, vitamin. Disediakan juga obat flu, obat mata untuk kambing. Kalau pakan macam-macam ada ampas, ramban, polar, konsentrat," imbuh Kabul.

Menurut data dari Dispangtan Kota Batu, kebutuhan hewan kurban di Kota Batu diperkirakan jumlahnya sama dengan penyembelihan yang dilakukan pada tahun 2023. Yakni, sapi 779 ekor, kambing 1.665 ekor, dan domba 1.557 ekor.

Terlebih lagi, saat ini wabah PMK diklaim telah mereda dan tak ada lagi kasus aktif. Masyarakat pun diperbolehkan menggelar penyembelihan hewan kurban di masjid, mudala, hingga lingkungan masyarakat. 

Meski begitu, akan ada petugas dari dinas yang melakukan pengawasan, dibantu mahasiswa sejumlah perguruan tinggi untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban.


Topik

Ekonomi Hewan Kurban Idul Kurban Idul Adha Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni