Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Olahraga

Tim Hadang Portina Putri Bondowoso Juara Satu Traditional Sport 2024 di Banyuwangi

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Yunan Helmy

12 - Jun - 2024, 19:04

Placeholder
Tim Hadang Portina Kabupaten Bondowoso Putri (Putih) saat berlomba dalam final Traditional Sport 2024 di Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi. (Foto; Nurhadi Banyuwangi TIMES)

JATIMTIMES - Tim Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Putri Kabupaten Bondowoso tampil sebagai juara I lomba hadang (gobak sodor). Di  final, Bondowoso menang atas MCT Kota Surabaya dalam Traditional Sport 2024 yang digelar di Kawasan GOR Tawangalun Banyuwangi pada Rabu (12/6/2024).

Dalam even Traditional Sport 2024 yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga bersama Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Banyuwangi tersebut, juara III dan IV lomba hadang ditempati  IGKTKI Muncar A dan  SMK 17 Agustus 1945 (A).

Baca Juga : Proliga Tampil di GOR Ken Arok, Kerek Ekonomi dan Animo Voli Arek Malang

Menurut salah seorang panitia pelaksana, Hariyono, Traditional Sport 2024 diikuti 41 tim dari Banyuwangi,  Bondowoso, dan Kota Surabaya. Adapun kategori yang dilombakan adalah dagongan, sumpitan, egrang, terompah dan hadang.

”Sesuai dengan penyampaian Plt kadispora Banyuwangi  kegiatan olahraga tradisional ini akan menjadi agenda rutin tahunan,” ujar Hariyono.

Mantan pelari nasional Indonesia itu menambahkan, dengan adanya even olahraga tradisional, pihaknya berharap agar Portina Kabupaten Banyuwangi lebih masif dalam melakukan sosialiasi keberadaan olahraga tradisional kepada semua lapisan masyarakat.

Sebenarnya, menurut dia, sekitar satu bulan sebelum pelaksanaan Traditional Sport 2024, Dispora dan KORMI Banyuwangi sudah melakukan sosialisasi dan bersurat kepada para camat yang ada di kabupaten yang ada di ujung Pulau Jawa ini.

“Pak Camat kalau langsung menyampaikan ke desa/kelurahan kemungkinan takut terkait tanggung jawab untuk mengirimkan  tim sehingga belum tersosialisasi sampai ke bawah,” imbuh Hariyono.

Dia menambahkan, bagi para juara, panitia pelaksana menyiapkan hadiah yang berupa trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan total sekitar Rp26 juta.

Adapun daftar lengkap juara Traditional Sport 2024 adalah:

Baca Juga : DPP PKB Tunjuk Syahrul Munir sebagai Calon Bupati Gresik

Lomba Hadang (Putri); Juara 1 Portina Bondowoso,Juara 2 MCT Surabaya, Juara 3 IGTKI Muncar TIM (A) dan juara 4 SMK 17 Agustus 1945 (A)

Lomba Sumpitan; Juara 1 ARPUR Sport, Runner Up atau Juara 2 Mata Elang, Juara 3 dan 4 adalah SMA NU Gombengsari dan Anak Rimba

Lomba Egrang; Juara 1 MCT Surabaya (C), Juara 2 SMKN 1 Banyuwangi, Juara 3 MCT Surabaya (A) dan Juara 4 SMK Muhammadiyah Tegaldlimo

Lomba Terompah; Juara 1 MCT Surabaya (A), Juara 2 MCT Surabaya (C), Juara 3 SMKN 1 Banyuwangi dan SMAK Hikmah Mandala Banyuwangi (Juara 4).

Lomba Dagongan; Juara 1 MCT Surabaya, Juara 2 SMKN 1 Banyuwangi (B), Juara 3 SMKN 1 Banyuwangi (A) dan Juara 4 D'QUEEN.


Topik

Olahraga Olahraga tradisional Banyuwangi lomba traditional sport



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Yunan Helmy