Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Cegah Aksi Penyelundupan, Polisi Periksa Kendaraan Barang di Pelabuhan Jangkar Situbondo

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Yunan Helmy

12 - Jun - 2024, 17:55

Placeholder
Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasatpolairud) Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa beserta anggota saat melakukan pemeriksaan kendaraan, Rabu (12/6/2024) di Pelabuhan Jangkar Situbondo. (Foto: Humas Polres Situbondo)

JATIMTIMES - Satpolairud Polres Situbondo memeriksa kendaraan dan barang yang akan menyeberang ke Pulau Raas, Madura, melalui Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka pelaksanaan Operasi Sikat Semeru 2024, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Satpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa itu bertujuan  mengantisipasi kriminalitas seperti penyelundupan barang berbahaya melalui jalur perairan dan pelabuhan serta memelihara keamanan dan ketertiban di area pelabuhan. 

Baca Juga : Curanmor Resahkan Warga, Wali Kota Eri Cari Solusi Bersama Forkopimda dan RT/RW

Personel Satpolairud memeriksa semua kendaraan yang boarding pass. Tidak hanya barang bawaan,  tetapi surat kendaraan juga diperiksa secara teliti.

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rahkmanto melalui Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa mengatakan satpolairud melaksanakan kegiatan pencegahan aksi kriminalitas dalam rangka Operasi Sikat Semeru 2024 khususnya di wilayah perairan dan pelabuhan guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif. 

"Pemeriksaan dilakukan menyeluruh ke semua kendaraan khususnya kendaraan bermuatan barang karena dikhawatirkan membawa barang terlarang dan atau ilegal," ujar AKP Gede.

Selain itu, AKP Gede menjelaskan beberapa barang atau paket yang telah terbungkus dus dan styrofoam yang diangkut kendaraan pikap juga dibuka guna memastikan bahwa barang tersebut legal dan tidak berbahaya. 

Tidak hanya di lokasi boarding pass. Pengecekan kendaraan juga dilakukan pada kendaraan yang akan masuk kapal atau di rampdoor kapal. Kendaraan dihentikan dan diperiksa serta pencocokan tiket dengan identitas penumpang. Hal ini dilakukan untuk penertiban manifest penumpang dan kendaraan atau barang. 

Baca Juga : Tangki Terminal BBM Bocor, DPRD Jatim: Pertamina Harus Tanggungjawab Penuh

"Saat ini masih berlangsung Operasi Sikat Semeru 2024 dengan salah satu sasaran adalah penyelundupan dan pencurian di wilayah perairan dan pelabuhan. Maka untuk antisipasi hal tersebut, kita laksanakan kegiatan pemeriksaan di pelabuhan Jangkar yang melibatkan pihak ASDP dan TNI AL," terangnya. 

Sementara itu, Hery selaku karyawan ASDP menerangkan bahwa sangat terbantu dengan kegiatan yang dilakukan Satpolairud Polres Situbondo sehingga di Pelabuhan Jangkar zero tindak pidana dan situasi menjadi aman kondusif. 

"Kami dari pihak pelabuhan sangat mendukung kegiatan Operasi Sikat Semeru yang digelar Polres Situbondo untuk mencegah aksi kriminalitas di wilayah perairan," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Polres Situbondo cegah penyelundupan kendaraan Pelabuhan Jangkar Situbondo Situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Yunan Helmy