Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Desa Ngabab Raih Terbaik I Pelaksana Gotong-Royong se-Jatim, Pemkab Malang Berikan Apresiasi

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Jun - 2024, 13:38

Placeholder
Bupati Malang HM. Sanusi saat menerima penghargaan untuk Desa Ngabab yang meraih predikat terbaik I kategori Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik Provinsi Jawa Timur (Jatim) dari Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono di Alun-alun Kota Blitar, Selasa (11/6/2024). (Foto: Dok. Prokopim Setda Kabupaten Malang)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Desa Ngabab, Kecamatan Pujon yang berhasil meraih prestasi sebagai Desa Pelaksana Gotong Royong Terbaik I Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam acara puncak Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di Kota Blitar. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Malang itu pun berkesempatan untuk menerima penghargaan secara langsung untuk Pemerintah Desa Ngabab dari Penjabat (Pj) Gubernur Jatim Adhy Karyono. 

Baca Juga : PJ Gubernur Jatim Puji Pelaksanaan Bazar Blitar Djadoel: Pendorong Ekonomi dan Pelestari Budaya

Atas capaian prestasi di tingkat Provinsi Jatim ini, Sanusi mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Ngabab, Kecamatan Pujon yang telah turut serta dalam menyukseskan capaian prestasi ini. 

"Terima kasih kepada masyarakat Desa Ngabab, Kecamatan Pujon yang telah meraih penghargaan Desa Terbaik I pelaksana gotong-royong Provinsi Jatim," ujar Sanusi dalam keterangannya dikutip Rabu (12/6/2024). 

Pihaknya pun terus mengajak dan mendorong agar seluruh masyarakat di Desa Ngabab, Kecamatan Pujon bersemangat dan bergotong-royong dalam membangun desa. 

Menurut Sanusi, Desa Ngabab, Kecamatan Pujon akhirnya terpilih sebagai desa terbaik I pelaksana gotong-royong se-Provinsi Jatim dikarenakan telah memenuhi syarat-syarat indikator yang menjadi penilaian oleh tim juri. 

"Desa Ngabab memenuhi indikator-indikator yang ditentukan oleh tim penilai dari Pemprov Jatim dan menunjukkan kondisi yang nyata di lapangan," ungkap Sanusi. 

Pihaknya menjelaskan, terdapat beberapa indikator penilaian yang berhasil dipenuhi oleh Pemerintah Desa Ngabab. Yakni indikator kemasyarakatan; indikator ekonomi; indikator sosial budaya dan keagamaan; ⁠indikator kesehatan dan lingkungan.

 

Foto bersama.



Selanjutnya, untuk potensi dan unggulan yang ada di Desa Ngabab beberapa di antaranya yakni pengelolaan sampah terpadu, pos pelayanan terpadu ILP dan jiwa; wisata edukasi berbasis pertanian dan peternakan; kelompok kesenian; donor darah sebulan dua kali; pembangunan masjid berbasis swadaya masyarakat; kampung batik dengan ciri khas batik 'Sebo' dengan motif sayur dan ternak. 

Pihaknya pun memiliki harapan besar agar desa-desa lain di Kabupaten Malang dapat mencontoh upaya-upaya oemerintah dan masyarakat Desa Ngabab serta desa-desa berprestasi lainnya untuk lebih baik ke depannya. 

"Harapannya desa lain turut bergerak untuk menjadi desa yang terbaik," tutur Sanusi. 

Baca Juga : Tangki Terminal BBM Bocor, DPRD Jatim: Pertamina Harus Tanggungjawab Penuh

Sebagai informasi, Pemerintah Desa Ngabab telah berhasil menyisihkan kompetitornya. Di antaranya predikat terbaik II diraih oleh Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro; terbaik III Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun; terbaik IV Desa Gedeg, Kecamatan Gede, Kabupaten Mojokerto; serta terbaik V Desa Petahunan, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. 

Sedangkan untuk kategori kelurahan, terbaik I diraih oleh Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar; terbaik II diraih oleh Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya; dan terbaik III diraih oleh Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun. 

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut, Bupati Malang HM. Sanusi datang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Malang Anis Zaidah Sanusi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Eko Margianto, serta Kepala Desa Ngabab Amin Afandi.


Topik

Pemerintahan Pemkab Malang Kabupaten Malang Desa ngabab pujon Desa Pelaksana Gotong Royong Provinsi Jawa Timur Bulan Bakti Got



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni