A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessioni2ebbkqfdvuo5g3rgeh9rh1oqt5hjga3): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Forum Jurnalis Pelajar di Kota Batu, Lahirkan Penulis Handal dari Bangku Sekolah - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Forum Jurnalis Pelajar di Kota Batu, Lahirkan Penulis Handal dari Bangku Sekolah

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

12 - Jun - 2024, 12:16

Placeholder
Forum Jurnalis Pelajar diadakan LTN NU Kota Batu untuk melahirkan penulis handal dari bangku sekolah.(Foto: Prasetyo Lanang/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Puluhan pelajar di Kota Batu mendapatkan pelatihan mengenai penulisan jurnalistik, Rabu (12/6/2024). Mereka adalah perwakilan dari berbagai sekolah di bawah Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif yang dibentuk menjadi Forum Jurnalis Pelajar.

Forum tersebut dibentuk Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama Kota Batu untuk melahirkan penulis handal dari bangku sekolah. Diselenggarakan di MI Miftahul Ulum Batu, forum tersebut diikuti sekitar 50 siswa dari sekolah-sekolah LP Ma'arif.

Baca Juga : Kurangi Isi Kemasan, Tersangka Peredaran Minyak Goreng Ilegal di Malang Untung Ratusan Juta Sebulan 

 

Ketua LTN NU Kota Batu Heryanto mengatakan, forum jurnalis pelajar merupakan kolaborasi LTN NU Kota Batu, Pengurus Cabang IPNU dan IPPNU Kota Batu, dan LP Ma'arif NU Batu. Dalam pelatihan dan pemberian wawasan penulisan pelajar, bekerja sama dengan JatimTIMES.com.

"Pembentukan Forum Jurnalis Pelajar ini kolaborasi untuk membekali siswa siswi agar tertarik dan terlatih untuk menulis. Utamanya jurnalistik," ujar Direktur JatimTIMES Heryanto, Rabu (13/6/2024).

.

Para siswa diberikan materi-materi dasar dari narasumber kompeten sekaligus melakukan beberapa praktik langsung dalam hal kepenulisan, khususnya karya jurnalistik. peserta lebih banyak diberikan materi terapan dibarengi dengan diskusi dan praktik langsung.

Pria yang disapa Hery itu menyampaikan, saat ini telah ada wadah yang kita bangun yakni nubatu.id yang akan diisi oleh karya-karya siswa tersebut. Nantinya, telah disiapkan bagi siswa peserta forum sejumlah skema tugas menulis yang bisa melatih skill mereka.

"Agar produktif, peserta dibantu di bawah bimbingan LTN NU akan mengisi website tersebut dengan segala macam bidang. Di antaranya seperti profil sekolah, segala hal soal NU, bahkan menulis wisata," tambahnya.

.

Dengan beberapa skema tematik, pihaknya merancang agar siswa bisa menulis dengan antusias, serta lahir ketertarikan tersendiri di bidang menulis. "Sebab menulis adalah praktik dan kebiasaan, hingga jadi terampil," sebutnya.

Baca Juga : Rumah Usaha Laundry Terbakar, Dua Balita Satu Nenek Terjebak di Kamar 

 

Hery menyampaikan, selain siswa, guru juga diberikan  wadah melalui kolom seperti opini di nubatu.id. Guru juga bakal mendapatkan dengan pelatihan yang berbeda terkait penulisan ilmiah, hingga artikel populer.

"Siswa yang produktif setiap bulan akan diberi apresiasi. Begitu juga produk karya jurnalistik akan ada sayembara, yang mana nanti dibuka secara umum. Ini jadi langkah awal, yang belum ada di Batu. Semoga lahir penulis-penulis handal dari forum ini," harapnya.


Topik

Peristiwa Pelatihan Jurnalistik Lembaga Ta'lif wan Nasyr LTN forum jurnalistik pelajar Nahdlatul Ulama Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni