Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Tips Simpan Daging Kurban Agar Awet dan Nutrisi Aman

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Dede Nana

12 - Jun - 2024, 07:32

Placeholder
Ilustrasi stok daging dalam freezer. (Foto: iStock)

JATIMTIMES - Banyak ibu-ibu yang seringkali menggunakan cara yang kurang tepat dalam menyimpan daging kurban, terutama jika stok dagingnya melimpah. Penyimpanan yang tidak tepat bisa membuat daging cepat busuk dan kehilangan kandungan nutrisinya. 

Berikut adalah beberapa tips dari dr. Raissa E. Djuanda dokter spesialis gizi klinik, untuk menyimpan daging kurban agar awet dan tetap aman nutrisinya:

1. Jangan Mencuci Daging Sebelum Disimpan

Baca Juga : Terlalu Banyak Makan Daging Kurban, Netralkan dengan 10 Minuman Ini

Daging tidak perlu dicuci sebelum disimpan. Mencuci daging sebelum disimpan justru bisa mempercepat proses pembusukan. Sebaiknya, langsung taruh daging di wadah yang tertutup rapat. Jika daging yang didapat sudah dalam keadaan berplastik, cukup lap plastik bagian luarnya.

2. Pisahkan Daging Sesuai Porsi Masak

Jangan menumpuk daging di satu tempat hingga penuh. Pisahkan daging ke dalam beberapa wadah sesuai dengan porsi yang akan dimasak. Ini akan memudahkan Anda saat ingin mengambil daging tanpa harus mengeluarkan semua stok dari freezer.

3. Gunakan Sarung Tangan Saat Memegang Daging

Untuk menjaga daging tetap steril, gunakan sarung tangan saat memasukkan daging ke wadah penyimpanan. Ini akan membantu mencegah kontaminasi bakteri yang bisa mempercepat pembusukan daging.

4. Simpan Daging di Freezer

Daging paling baik disimpan di dalam freezer. Di freezer, daging bisa tahan hingga 2-3 bulan. Jika disimpan di kulkas biasa, daging hanya tahan 1-2 hari. Pastikan untuk menaruh daging di bagian paling dalam freezer, bukan di pintu, karena pintu sering dibuka-tutup sehingga suhu di bagian tersebut kurang stabil.

5. Cara Mencairkan Daging Beku

Baca Juga : Sukolilo Dijuluki Kampung Bandit, di Malang hingga Sumatera Juga Ada Wilayah Serupa? 

Saat hendak memasak, sebaiknya daging beku dipindahkan dulu ke kulkas bawah semalam sebelumnya. Jika terburu-buru, cara lainnya bisa dengan merendam daging beku dalam air dingin atau menggunakan setting defrost pada microwave. Ingat, jangan langsung memanaskan daging beku karena bisa merusak teksturnya.

6. Mengempukkan Daging dengan Nanas dan Daun Pepaya

Untuk mengempukkan daging, Anda bisa menggunakan nanas atau daun pepaya. Caranya bisa dilakukan dengan bungkus daging dengan daun pepaya selama 30 menit. Atau jika hendak di masak esok hari, daging yang sudah dibungkus daun pepaya juga bisa ditaruh di kulkas bawah semalaman. Anda juga bisa menambahkan nanas langsung saat memasak daging, untuk rasa yang lebih enak dan empuk. 

Demikian tips-tips dari dokter spesialis gizi soal cara penyimpanan daging. Raissa juga menambahkan penyimpanan dan pengolahan daging yang tepat sangat penting untuk menjaga nilai gizi daging. Jika salah dalam menyimpan daging, nilai gizinya akan menurun. Semoga membantu!


Topik

Serba Serbi tips simpan daging daging tahan lama dokter gizi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Dede Nana