MALANGTIMES - Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang sedang giat-giatnya menggenjot progres penyelesaian perbaikan dan peningkatan jalan di seluruh kecamatan. Dengan sisa waktu sekitar tiga bulan menutup tahun 2018, berbagai kegiatan tersebut mulai dikebut di berbagai titik. 

Hal ini didasarkan pada progres sampai saat ini yang telah tercapai sebesar 71 persen dalam perbaikan dan peningkatan jalan. Dengan hitungan waktu tiga bulan ke depan, Dinas PU Bina Marga, ditarget angka 100 persen. 

"Harapan kita akhir tahun tercapai. Insya Allah kita bisa mengejar sisa target tersebut," kata Romdhoni, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Rabu (19/9/2018) kepada MalangTIMES. 

Prosentase 71 persen jalan yang diperbaiki dan ditingkatkan kualitasnya oleh Dinas PU Bina Marga, seperti di jalan raya Talangagung-Jalibar, Kepanjen, setara dengan 170 kilometer (Km). Secara rinci, total jalan yang telah diselesaikan sampai September 2018 adalah 90 Km jalan ditingkatkan. Serta  80 Km jalan yang diperbaikan hingga saat ini di berbagai wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. 

“Tahun ini kami memang lebih memfokuskan perbaikan dan peningkatan jalan. Baik di wilayah umum maupun jalan wisata,” ujar Romdhoni. 

Secara teknis, Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang yang memiliki tujuh UPT diterjunkan sesuai wilayahnya masing-masing. Dalam rangka mengejar target 100 persen yang telah ditetapkan di akhir tahun. Khususnya tim sapu lobang (salob) yang terus berputar di wilayahnya masing-masing untuk memelihara dan memperbaiki berbagai jalan berlubang. 

Romdhoni menegaskan, capaian yang diraih sampai saat ini sebesar 71 persen, terbilang cukup memuaskan. Di tahun 2018, peningkatan jalan kabupaten dengan kondisi baik dari 66,45 persen ditarget menjadi 68,25 persen. Sedangkan untuk target panjang jalan yang diperbaiki maupun ditingkatkan sepanjang 154 Km. 

"Untuk peningkatan jalan di perdesaan tahun ini ditarget sekitar 58 Km. Jadi totalnya adalah 212 Km,  sedangkan yang sudah diselesaikan sudah sekitar 170 Km. Sisanya tinggal 42 Km yang akan diselesaikan sampai akhir tahun," ujar Romdhoni. 

Untuk target pembangunan jalan strategis sepanjang 41 Km, pihak PU Bina Marga Kabupaten Malang pun terus mengintensifkan penyelesaiannya. 

"Insya Allah selesai semua di akhir tahun ini," pungkas mantan Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Malang ini.