A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/home/malangtimes.com/public_html//laksamana/ci_sessionbbh1m52tq30ch4f2u0pl2mhb4ag4cgha): Failed to open stream: No space left on device

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 177

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /home/malangtimes.com/public_html//laksamana)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 137

Backtrace:

File: /home/malangtimes.com/public_html/application/controllers/News.php
Line: 10
Function: __construct

File: /home/malangtimes.com/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Temukan Sapi Bergejala PMK, Dispaperta Sidak Kondisi Hewan Kurban - Malang Times
Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Temukan Sapi Bergejala PMK, Dispaperta Sidak Kondisi Hewan Kurban

Penulis : Nur Hidayah - Editor : Yunan Helmy

11 - Jun - 2024, 18:13

Placeholder
Petugas dari Dispaperta memeriksa kesehatan hewan kurban di Sidoarjo.

JATIMTIMES - Penyakit mulut dan kuku (PMK) ringan ditemukan pada hewan kurban di Sidoarjo. Hal tersebut membuat Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Sidoarjo melakukan sidak ke sejumlah penjual hewan kurban di wilayah Sidoarjo. 

Kabid Produksi Peternakan Dispaperta Kabupaten Sidoarjo drh Tony Hartono mengatakan pihaknya mulai hari ini menerjunkan beberapa petugas untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban di 31 titik di 18 kecamatan.

Baca Juga : Jual Hingga Sidoarjo, 2 Tersangka Kasus Home Industry Minyak Goreng Ilegal di Malang Diancam Pasal Berlapis

"Setelah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah Kecamatan Buduran, kami menemukan tiga hewan kurban bergejala terjangkit PMK ringan," ungkap Tony di lokasi penjualan hewan, Selasa (11/6/2024).

Dalam sidak tersebut, petugas menemukan tiga sapi yang terjangkit PMK dan beberapa petugas tampak fokus memeriksa kesehatan hewan kurban. Mulai dari mulut, kulit, kaki, dan memberikan disinfektan serta memberikan suntikan vitamin pada hewan kurban yang diduga terjangkit PMK.

Tony menambahkan  setelah mengetahui adanya hewan kurban yang memiliki gejala terjangkit PMK, ketiga hewan kurban tersebut diberikan vitamin melalui suntikan dan pengobatan melalui mulutnya.

"Kalau masih gejala PMK ringan, sebaiknya hewan kurban tersebut alangkah baik jangan dijualbelikan. Harus dilakukan perawatan," imbuhnya.

Ia juga menjelaskan  di tempat lain, petugas yang melakukan pemeriksaan menemukan dua hewan kurban jenis sapi yang belum poel. Namun setelah dilakukan pengecekan  berat badannya sudah memenuhi persyaratan dan layak untuk hewan kurban.

Baca Juga : Antisipasi Penyakit Ternak, Pemkot Batu Awasi Mobilisasi Hewan Kurban dari Dalam dan Luar Kota

"Selain ada tiga sapi yang bergejala terjangkit PMK ringan, ditemukannya juga dua sapi yang belum poel atau dewasa," ucapnya.

Ia mengimbau pedagang hewan kurban dari luar daerah ke Sidoarjo harus menyertakan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Ini untuk memastikan hewan yang masuk ke Sidoarjo dalam kondisi sehat.

"Kami sarankan, calon pembeli membeli hewan kurban di titik-titik penjualan yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Sidoarjo. Untuk mengantisipasi hewan yang dibeli terjangkit PMK dan virus lumpy skin disease (LSD)," pungkasnya.


Topik

Peristiwa Heean kurban Sidoarjo PMK penyakit mulut dan kuku



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nur Hidayah

Editor

Yunan Helmy