Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Bikin Mahasiswa Semangat, Fakultas Psikologi UM Punya Lingkungan Belajar yang Nyaman

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

10 - Jun - 2024, 15:13

Placeholder
Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM)(Amin/MalangTimes)

JATIMTIMES - Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) merupakan fakultas dengan peminat terbanyak diantara fakultas lainnya yang ada di UM pada Seleksi Nasional Bersama Tes (SNBT) 2024. Tentu, banyaknya  peminat pada fakultas ini ada banyak faktor yang melatarbelakangi.

Selain karena sarana dan prasarana yang memadai, keilmuan psikologi ini menjadi keilmuan yang dibutuhkan pada berbagai aspek. Sebab, dimana ada manusia, maka disitulah psikologi dibutuhkan. 

Baca Juga : Air Terjun Tirtosari di Magetan: Sensasi Segar dan Keindahan Alam The Nice of Java

Lantas, apa kata mahasiswa Psikologi UM tentang fakultas mereka? Bagaimana pengalaman mereka menempuh studi pada fakultas nomor satu peminat terbanyak dalam SNBT 2024 ini?

Madinatul Ilmil Hidayah, Mahasiswi Fakultas Psikologi UM mengatakan, bahwa suasana belajar ataupun lingkungan di Fakultas Psikologi UM sangatlah menyenangkan. Lingkungan kampus maupun lingkungan belajar yang menyenangkan ini menjadi salah satu faktor yang memotivasi mahasiswa untuk lebih giat dan semangat dalam menempuh studi. 

Tentunya, menurut Ilmil, kaitan dengan lingkungan ini bukan hanya terkait suasana kampus yang asri saja. Melainkan juga dengan lingkungan pertemanan yang kondusif dan juga lingkungan daei para dosen, tenaga kependidikan yang melayani, mengayomi dan sangat bersahabat. 

"Lingkungan kampus, lingkungan belajar di Fakultas Psikologi UM ini sangat bisa membuat saya nyaman dalam belajar, dalam beraktivitas terkait kegiatan akademik dan lainnya. Dosen-dosennya dan teman-teman disini seru-seru," katanya.

Menempuh studi di Fakultas Psikologi UM, banyak hal didapat oleh Ilmil. Salah satunya adalah pengetahuan yang lebih mendalam tentang dunia psikologi. Sebelum masuk ke Fakultas Psikologi UM, ia berfikir bahwa dunia psikologi hanya terbatas pada psikologi klinis. 

Namun ternyata, pemahamannya salah. Dunia psikologi mempunyai cakupan dan peminatan yang cukup banyak.

"Kita  dapat wawasan lebih luas, bahwa psikologi ini juga ada dari segi pendidikan, industri, kemudian perkembangan dan lainnya," ungkapnya.

Baca Juga : 14 Tim Unisba Blitar Raih Pendanaan PKM dan Penelitian 2024 dari Kemdikbudristek

Selain itu, kesempatan untuk turun dan belajar langsung di lapangan juga diberikan kampus, sehingga hal ini semakin menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam menghadapi dan meneliti langsung kasus-kasus yang terjadi di lapangan.

Lebih lanjut, bahwa hampir 90 persen mata kuliah menggunakan Projects Based Learning (PBL). Sehingga terdapat projects yang dikerjakan dalam tim yang dilaksanakan mahasiswa dalam konteks masyarakat. 

"Bahkan beberapa juga ada yang mewajibkan untuk turun lapangan, sehingga ini menjadikan mahasiswa semakin totalitas dalam mengerjakan tugas," tuturnya.

Lebih dari itu, prospek karir yang luas dan keilmuan yang memang dibutuhkan di banyak sektor, tentunya merupakan hal yang semakin membuatnya tertarik masuk psikologi UM. Baik pada sektor pendidikan, industri, klinis dan sektor lainnya, ilmu Psikologi dapat masuk dan memang dibutuhkan dalam mencapai tujuan strategis dari masing-masing sektor.

"Makanya, saya rekomendasikan juga pada teman-teman mahasiswa lainnya, mari bergabung dengan Fakultas Psikologi," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Universitas Negeri Malang UM Fakultas Psikologi mahasiswa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri