Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pendidikan

Dua Mahasiswa Humaniora UIN Malang Torehkan Hasil Gemilang di MIJ

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

10 - Jun - 2024, 14:08

Placeholder
Dua artikel mahasiswa Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang (ist)

JATIMTIMES - Prestasi gemilang kembali ditunjukkan oleh Fakultas Humaniora Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Dua mahasiswanya meraih predikat sebagai penulis terbaik dalam Maliki Interdisciplinary Journal (MIJ) kategori turnitin terendah.

Untuk diketahui, bahwa MIJ merupakan platform bagi mahasiswa UIN Maliki Malang untuk mempublikasikan pemikiran konseptual, ulasan karya ilmiah, dan hasil penelitiannya dalam berbagai disiplin ilmu, seperti bioinformatika, neuroekonomi, fisika medis, ekonomi Islam, bahasa dan sastra, serta disiplin ilmu lainnya. 

Baca Juga : KKI Jatim Gelar Seleksi Atlet Karate di Kota Malang

Proses ketat oleh para ahli di bidang terkait, harus dilewati untuk bisa menerbitkan artikel di MIJ. Tentu, hal ini dalam upaya memastikan agar artikel yang terbit merupakan artikel yang terbaik.

Sementara itu, dua mahasiswa yang meraih predikat terbaik ini adalah, Aulia Maratus Solehah mahasiswa dan Zaqhlul Ammar. Kemampuan dan kompetensi dua mahasiswa  ini tak diragukan lagi. Aulia dan Zaqhlul bahkan berhasil menyisihkan 1017 artikel lainnya dengan hasil uji turnitin, masing-masing 2 persen dan 4 persen.

The effect of rhyming words on creating mood in Adi Kusrianto’s poem “Beautiful Mourn", menjadi artikel dari Aulia Maratus Solehah, dimana dalam artikel ini  menunjukkan bagaimana penggunaan rima dapat menciptakan suasana hati tertentu dalam puisi, menjadi karya yang diakui dengan penghargaan bergengsi tersebut. 

Selain itu, kajian terhadap puisi "Beautiful Mourn" dilakukan Aulia dengan menggunakan sebuah teori Attridge (1995). Pada artikel tersebut, berfokus pada bagaimana enam kata berbeda yang termasuk dalam rima - turned, dead, head, thorns, storm, dan mourns - berperan dalam membentuk kualitas estetika dan emosional puisi tersebut.

Sementara artikel Zaqhlul Ammar, berjudul "Problem Teologis dalam Masyarakat Islam Modern,". Artikel ini mengulas berbagai tantangan teologis yang dihadapi oleh masyarakat Islam kontemporer. 

Degradasi keilmuan Islam dan pengaruh terhadap perkembangan serta pendidikan karakter manusia di era modern, menjadi hak yang dikaji dalam artikelnya. Selain itu, ia juga membahas perubahan sosial dan pergeseran pola pikir masyarakat yang cenderung materialistik, yang berdampak negatif terhadap kemunduran berbagai aspek kehidupan masyarakat Islam.

Baca Juga : Rektor dan Gubes UIN Malang Partisipasi Aktif dalam Uji Publik RPP tentang Pendidikan Tinggi

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Humaniora, Dr Halimi menyampaikan  apresiasi dan kebanggaannya atas capaian prestasi kedua mahasiswa Fakultas Humaniora. Tentu prestasi ini menjadi buah manis dari kerja keras dan dedikasi dua mahasiswanya dalam bidang akademik. 

"Kualitas artikel yang ditulisnya menunjukkan  kualitas, sekaligus menunjukkan orisinalitas. Selain itu, artikel mereka juga menunjukkan kedalaman pemikiran dan analisis yang matang," ujarnya.

Lebih lanjut, bahwa capaian dua mahasiswa Fakultas Humaniora sebagai penulis terbaik ini, tentu menjadi semangat dan motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk lebih mengembangkan potensi yang masing-masing.

"Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama universitas di kancah nasional dan internasional," pungkasnya.


Topik

Pendidikan Fakultas Humaniora uin malang uin maliki Maliki Interdisciplinary Journal



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni